Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.
Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.

Kisruh PPDB DKI, Nadiem: Sangat Mengecewakan

Pendidikan PPDB 2020 PPDB DKI Jakarta
Muhammad Syahrul Ramadhan • 02 Juli 2020 20:40
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim buka suara terkait kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. Nadiem mengakui apa yang terjadi dalam PPDB DKI mengecewakan para orang tua.
 
"Ini sangat mengecewakan bagi berbagai macam orang tua murid saat ini yang sedang terjadi di DKI," ungkap Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Kisruh PPDB DKI dipicu kebijakan memasukkan kriteria usia dalam proses seleksi. Kebijakan ini dinilai tak sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadiem menyampaikan rasa empatinya kepada orang tua murid yang mengalami kesulitan memasukakn anaknya ke sekolah. Ia berjanji akan mengkaji petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dalam Surat Keputusan Kepala Dinas DKI Jakarta Nomor 501 Tahun 2020.
 
"Saya mengerti sekali dan berempati kepada semua orang tua murid yang lagi kesulitan, kebingungan karena proses ini. Kami akan kaji dari sisi legal dan lain-lain, pencabutan (SK Kadisdik DKI) itu adalah ranah dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri)," ujarnya.
 
Baca:Legislator: Kemendikbud Tinjau Ulang Juklak dan Juknis PPDB Jakarta
 
Ia juga memastikan, Kemendikbud bersama Kemendagri serta Dinas Pendidikan DKI akan duduk bersama guna menemukan solusi bagi permasalahan PPDB di Ibu Kota. Kemendikbud akan mengkaji permasalahan tersebut.
 
Dalam rapat tersebut, persoalan kisruh PPDB DKI diungkapkan anggota Komisi X DPR Putra Nababan. Ia mempertanyakan nasib PPDB DKI kepada Nadiem. Apalagi, dua pekan terakhir orang tua melakukan aksi turun karena mempertanyakan nasib anaknya yang tidak diterima PPDB zonasi gara-gara umur.
 

(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif