Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kampus-kampus di Belanda Mulai Buka Pendaftaran, Siapkan Berkasmu

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 07 Oktober 2020 12:15
Jakarta: Pendaftaran universitas-universitas di Belanda sudah mulai dibuka. Bagi yang berminat untuk mengenyam pendidikan di negeri kincir angin tersebut dapat memulainya dengan melakukan pendaftaran pada situs Studielink.nl.
 
Melansir laman nesoindonesia.or.id, Studielink merupakan portal resmi untuk mendaftar pada program studi yang diinginkan di institusi pendidikan tinggi Belanda. Sebelum memulai, calon mahasiswa harus membuat akun Studielink terlebih dahulu.
 
Calon pendaftar dapat mengunjungi situs Studielink yang memuat langkah-langkah untuk proses pendaftaran. Batas waktu pendaftaran diberikan hingga 1 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada umumnya dokumen yang diperlukan adalah ijazah SMA atau setara untuk jenjang S1. Kemudian bagi calon mahasiswa S1 juga dimintakan hasil rapor.
 
Sedangkan, dokumen ijazah S1 atau yang setara diperlukan untuk calon mahasiswa S2. Transkip nilai, Curriculum Vitae, dan surat rekomendasi juga dibutuhkan bagi calon mahasiswa S2.
 
Selanjutnya, baik calon mahasiswa S1 dan S2 juga dimintakan skor kemampuan bahasa Inggris. Motivation statement juga perlu untuk disertakan bagi calon mahasiswa dari kedua jenjang ini.
 
Baca:Rektor IPB Raih Penghargaan ITERA Adi Karsa Madya
 
Setidaknya calon pendaftar dapat memilih lebih dari dari 2.100 program internasional di Belanda. Materi pembelajaran seluruhnya diajarkan dalam bahasa Inggris, mulai dari seminar pelatihan singkat hingga program gelar sarjana dan master penuh.
 
Selain banyaknya pilihan program studi, ada beberapa hal yang menjadikan Belanda adalah tempat studi yang baik. Misalnya saja kualitas pendidikannya telah diakui meskipun biaya pendidikan dan biaya hidup di Belanda lebih rendah dari negara Eropa lainnya.
 
Selain itu pelajar internasional di Belanda sangat beragam karena berasal dari lebih dari 160 negara. Dengan kata lain, masyarakat Belanda beragam dan inklusif.
 
Selain itu Belanda juga memiliki standar hidup yang bagus untuk ditinggali. Saat ini Belanda adalah salah satu negara teraman di dunia, menurut 2018 Global Peace index dan termasuk daftar 10 besar negara yang paling bahagia di dunia.
 
Bahkan setelah lulus nantinya, peluang karir di Belanda juga sangat terbuka. Terlebih Perekonomian Belanda menduduki peringkat ke-18 di dunia, dengan bercokolnya beberapa perusahaan multinasional terbesar di dunia sepertii Philips, Heineken, KLM, Shell, ING, dan Unilever.
 
Belanda merupakan pemimpin dalam beberapa bidang keahlian, di antaranya adalah pertanian, pengelolaan air, seni dan desain, logistik, energi berkelanjutan. Lulusan dari universitas Belanda dapat mendaftar visa orientasi kerja. Visa ini adalah izin tinggal satu tahun untuk mencari pekerjaan atau memulai bisnis, periode pendaftaran visa ini maksimal dalam waktu tiga tahun sejak tahun lulus.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif