Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari. Foto: Zoom
Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari. Foto: Zoom

SNMPTN/SBMPTN 2022

Rektor ITS Terpilih Jadi Ketua LTMPT 2022

Pendidikan Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru LTMPT PTN Perguruan Tinggi ITS SNMPTN 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 SBMPTN 2022
Citra Larasati • 12 Desember 2021 15:00
Jakarta:  Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) memilih Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Mochamad Ashari menjadi Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2022.  Ashari menggantikan tugas Ketua LTMPT sebelumnya, Mohammad Nasih (Rektor Unair) mulai 1 Januari 2022.
 
Ashari mengatakan, bahwa tugas tim pelaksana LTMPT 2021 berakhir pada 31 Desember 2021.  Sehingga tim pelaksana LTMPT 2022, baru akan bekerja mulai 1 Januari 2022.  Dalam tugas barunya nanti, Ashari akan didampingi oleh Ketua I LTMPT, Yuliandri (Rektor Universitas Andalas), Ketua II LTMPT, Eduart Wolok (Rektor Universitas Negeri Gorontalo).
 
Ashari mengatakan, pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTN 2022 tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Baik dari jumlah perguruan tinggi peserta maupun tata cara pelaksanaannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini, kata Ashari, masih akan menggunakan payung hukum Permendikbud nomor 6 tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.  Di mana PMB di PTN akan menggunakan tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tes Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), dan Jalur Mandiri.
 
"Tahun ini juga sama dengan tahun lalu, ada 126 Perguruan Tinggi Negeri, baik itu universitas, institut, politeknik negeri, dan beberapa perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama. Tahun ini masih tetap, tidak ada perubahan," kata Ashari dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 di PTN yang digelar secara daring, Minggu, 12 Desember 2021.
 
Baca juga:  SNMPTN 2022, Ini Hal-hal yang Perlu Diketahui
 
Ketua II LTMPT, Eduart Wolok menambahkan, bahwa begitupun dengan tata cara dan syarat-syarat sekolah yang mengikuti SNMPTN dan SBMPTN juga tidak ada perubahan.  Hanya saja akan ada penyesuaian jadwal pelaksanaan dari masing-masing jalur seleksi, karena menyesuaikan dengan jadwal Idulfitri di tahun 2022.
 
"Intinya tidak berubah banyak dari 2021, masih memperhatikan kondisi pandemi, jadi tetap memperhatikan kondisi pandemi," terangnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif