Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
Kampus IPB. Foto: IPB/Humas

Pelajar SMA Icip Kuliah Online Sehari di Departemen Biologi IPB

Citra Larasati • 28 Februari 2022 13:01
Jakarta:  Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar kegiatan Kuliah Online Sehari di BioIPB melalui Zoom. Kegiatan diadakan untuk mempromosikan Departemen Biologi kepada para pelajar SMA kelas 12.
 
Melalui Kuliah Online Sehari ini, para siswa tidak hanya dapat mencicipi bagaimana rasanya menjadi mahasiswa Biologi IPB University. Namun juga dapat menimba ilmu dari para narasumber kompeten. 
 
Terlebih lagi departemen ini banyak mengukir prestasi, baik dosen maupun mahasiswanya.  Dosen Departemen Biologi IPB University, Puji Rianti, dari Divisi Biosistematika dan Ekologi Hewan menjadi pembicara pertama. Dosen muda ini turut aktif dalam penelitian dan kerja sama dengan berbagai institusi luar negeri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para siswa SMA mendapatkan pengetahuan seputar kesejahteraan hewan.  “Sebagian besar masyarakat Indonesia masih kurang memahami pentingnya kesejahteraan hewan. Terutama terkait kesejahteraan hewan peliharaan dan hewan liar di daerah terpencil yang hidup berdampingan dengan manusia,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan, manusia yang memelihara hewan sudah sepatutnya memenuhi dan melaksanakan poin-poin kesejahteraan hewan. Namun manusia tidak melulu harus menyisihkan banyak uang untuk menjamin kesejahteraan hewan peliharaannya.
 
Namun dapat dilakukan melalui hal-hal sederhana karena memelihara hewan tentu ada konsekuensinya.  “Intinya adalah kesejahteraan mereka (hewan) harus dapat dipenuhi. Sehingga hewan menjadi senang dan tidak mudah sakit. Serta secara psikologis kepada pemeliharanya juga berdampak positif,” tegasnya.
 
Berdasarkan sejarah evolusi, imbuhnya, keterikatan emosional antara manusia dan hewan telah terjalin sangat lama. Hubungan saling menguntungkan tersebut tercipta sehingga terjadilah domestikasi.
 
Ikatan manusia dengan hewan semakin meningkat seiring dengan kebutuhan. Baik di bidang jasa, medis, rekreasi hingga pertanian.  “Kategori yang diperhatikan dalam menjamin kesejahteraan hewan bila kita mencintai hewan yang harus dipenuhi yakni nutrisi, lingkungan, kesehatan, perilaku dan kesehatan mental karena kesehatan mental tidak hanya milik manusia,” tambahnya.
 
Menurutnya, para siswa SMA dapat mempelajari lebih lanjut terkait hal ini di Departemen Biologi. Harapannya, mereka dapat menjadi generasi muda yang berkontribusi untuk kesejahteraan hewan.
 
“Yakni dalam memahami dan menetapkan manajemen kesejahteraan berbagai spesies hewan. Lebih lanjut lagi untuk mengubah pandangan terhadap hewan di sekitar lingkungan agar bisa hidup berdampingan dengan mereka,” tandasnya.
 
Baca juga: Rektor IPB Dapat Gelar Kehormatan Joguru Malamo dari Sultan Ternate
 
Selain itu, siswa-siswi SMA yang antusias dalam kegiatan ini juga mendapatkan informasi seputar jalur masuk ke IPB University dari Asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru, Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DAPPMB), Utami Dyah Syafitri. Hadir juga mahasiswa Departemen Biologi IPB University yang berprestasi di kancah nasional dan internasional, Yasmin Kamila.
 
Para siswa SMA berkesempatan untuk berdiskusi dan memperoleh tips dan trik untuk dapat berkesempatan kuliah di Departemen Biologi IPB University.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif