Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana. Medcom.id
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana. Medcom.id

Guru Besar UI Apresiasi Ketegasan Jokowi Tolak Permintaan Bantuan Senjata dari Ukraina

Pendidikan Jokowi Rusia-Ukraina Universitas Indonesia Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Antara • 02 Mei 2022 14:27
Jakarta: Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengapresiasi sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait krisis Rusia dan Ukraina. Jokowi meminta perselisihan diselesaikan secara damai.
 
“Harapan Presiden yang mengimbau agar perbedaan antarnegara bisa diselesaikan secara damai selaras dengan amanat yang termaktub dalam Pasal 2 ayat 3 Piagam PBB,” kata Hikmahanto dikutip dari Antara, Senin, 2 Mei 2022.
 
Hikmahanto mengatakan sikap Presiden Jokowi yang menolak tegas permintaan bantuan berupa senjata dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga patut diapresiasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Presiden dengan tepat melakukan penolakan permintaan atas dasar konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif,” kata Hikmahanto.
 
Dia menuturkan Preambul UUD 1945 menyebut salah satu alasan dibentuknya pemerintah ialah untuk ikut dalam ketertiban dunia. Sikap Indonesia tidak membantu dalam hal persenjataan merupakan langkah tepat.
 
Hikmahanto mengatakan bantuan-bantuan seperti itu justru memperburuk situasi, bahkan perang bereskalasi. Dia khawatir perang bergeser tidak lagi antara Rusia dan Ukraina, melainkan meluas jauh.
 
“Sayangnya, Ukraina hanya dijadikan medan perang tanpa memperhatikan sisi kemanusiaan rakyat Ukraina,” ujar dia.
 
Dia juga mengapresiasi langkah Jokowi mengundang Presiden Zelensky ke pertemuan KTT G20. Sebagai Presiden G20, Indonesia memiliki diskresi untuk mengundang siapa pun yang dianggap penting bagi pertemuan KTT G20.
 
Tahun kemarin, Italia mengundang Singapura yang bukan anggota G20 untuk hadir. “Bagi Indonesia, kehadiran dari kepala pemerintahan dan kepala negara dalam KTT sangat penting, karena pada forum tersebut akan diambil keputusan yang akan memengaruhi perekonomian dunia dan lingkungan hidup,” ujar dia.
 
Baca: Jokowi Tolak Permintaan Bantuan Senjata dari Ukraina, Apa Sebabnya?
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif