Apresiasi Lembaga Litbang 2019. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Apresiasi Lembaga Litbang 2019. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

99 Lembaga Litbang Berubah Status dari Binaan Jadi Unggul

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian
Ilham Pratama Putra • 02 Desember 2019 12:07
Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) telah melakukan pembinaan terhadap 137 lembaga litbang sepanjang 2019. Dari jumlah tersebut, 99 di antaranya telah menjadi lembaga unggul di Indonesia.
 
Atas capaian itu, Kemenristek mengapresiasi lembaga litbang unggul tersebut. Ada 18 lembaga litbang pilihan yang diganjar penghargaan dalam acara Apresiasi Lembaga Litbang 2019 hari ini.
 
"Jadi kita sudah melakukan pembinaan ke 137 pusat lembaga litbang untuk menjadi unggul. Kemudian 99 di antaranya telah menjadi lembaga unggul. Ada 18 yang terpilih akan kita wisuda menjadi lembaga unggul terbaik," kata Direktur Lembaga Litbang Kemenristek, Kemal Prihatman di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dia masih merahasiakan siapa yang mendapat apresiasi tersebut. " Yang jelas 18 itu di antaranya ada dari kementerian, ada dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), nanti tunggu pengumuman saja biar seru," tambah dia.
 
Yang menjadi penilaian pihaknya adalah kinerja dari lembaga litbang. Baik secara input, proses, luaran (output)hingga outcome yang dihasilkan lembaga litbang.
 
"Output-nya itu misalkan berapa publikasi, berapa jumlah paten, berapa jumlah bisa melayani industri, berapa jumlah teknologi yang diimplementasi ke industri badan usaha," jelas dia.
 
Kemudian, proses kinerja juga menjadi penilaian. Kecepatan, target riset, hingga fokus litbang menjadi indikator penilaian. Hingga kepada sumbangsih lembaga litbang itu sendiri.
 
"Sekarang outcome, misal berapa sih, jumlah paten, jumlah yang dihilirisasikan punya nilai ekonomi kemudian mikro untuk daerah. Untuk makro Indonesia, pertumbuhan terharap pendapatan nasional berapa. Kemudian impact terhadap sosial juga sama," jelas Kemal.
 
Lebih lanjut, dia juga berharap lembaga litbang mampu menularkan melek teknologi. Dia berharap seluruh masyarakat merasakan kemajuan teknologi dari lembaga litbang.
 
"Tujuannya melakukan diseminasi teknologi. Menularkan. Ya, tahun ini sampai 2019 itu hampir 10.000 yang paham teknologi. Tadinya dia hanya bisa bertani, ada nelayan tidak menggunakan alat tangkap elektronik misalkan, sekarang bisa, dan ditambah terus menggunakan data satelit, makin bertambah lagi," tandasnya.
 
Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019 merupakan upaya dari Kemenristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang baik dalam lingkup pemerintah pusat (kementerian dan nonkementerian), lembaga litbang daerah, dan lembaga litbang industri yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdaya saing. Selain itu juga lembaga litbang yang telah terakreditasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP).
 
Ajang ini juga dimaksudkan sebagai laporan kepada publik atas kinerja Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam melakukan pembinaan terhadap lembaga litbang. Sekaligus menjadi wahana untuk mengakselerasi kinerja lembaga litbang di Indonesia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif