Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Dana Abadi Kebudayaan Bakal Dikelola Lembaga Independen

Pendidikan kebudayaan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Juli 2019 17:09
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Dana Abadi Kebudayaan (DAK) akan dikelola oleh lembaga independen di bawah Kemendikbud. Dana Abadi Kebudayaan mulai dianggarkan tahun ini.
 
"Ada lembaga pengelola sendiri, independen tetapi di bawah pengawasan Kemendikbud," kata Muhadjir ditemui di sela Seminar Kebangsaan, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Muhadjir mengatakan dalam penyaluran anggaran ke daerah untuk kegiatan budaya dilakukan dengan prosedur yang berbeda di dalam birokrasi. Pasalnya, budayawan sering merasa terhambat prosedur dan sistem akuntansi birokrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pertimbangan teknis para budayawan, pekerja kreatif sering merasa terhambat prosedur, sistem akuntansi birokrasi tetek bengek itu budayawan biasanya tidak peduli itu. Mereka ingin berkarya dengan dana abadi, bisa mendapatkan bantuan anggaran dengan prosedur berbeda di dalam birokrasi karena itu lembaga pengelolanya juga lebih independen," kata Muhadjir.
 
Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan, anggaran Dana Abadi Kebudayaan masih digodok bersama Kementerian Keuangan. Meski memang Presiden Joko Widodo sudah menyebut DAK dialokasikan sebesar Rp5 triliun.
 
Sementara itu terkait legalitas kelembagaan independen, Hilmar menambahkan, saat ini sedang disiapkan bersama Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). "Kelembagaannya sedang disiapkan, Pak Menteri juga komunikasi dengan Menpan RB untuk menempatkan dana perwalian di bawah Kemendikbud," pungkasnya.
 
(Baca juga:Ma'ruf Siapkan Dana Abadi Kebudayaan)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif