Wakil Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Joni Hermana.  Medcom.id/Citra Larasati.
Wakil Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Joni Hermana. Medcom.id/Citra Larasati.

LTMPT Gelar Rapat Akhir Agustus Bahas Jadwal UTBK 2020

Pendidikan Pendidikan Tinggi UTBK
Citra Larasati, Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 Agustus 2019 14:12
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menggelar rapat dengan para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada akhir Agustus 2019. Salah satu agendanya adalah membahas usulan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir yang ingin memajukan jadwal penerimaan mahasiswa baru, utamanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020.
 
Wakil Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Joni Hermana mengakui bahwa Menristekdikti telah menyampaikan usulan memajukan jadwal penerimaan mahasiswa baru 2020 terutama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kepada pimpinan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). "Pak Menteri memang meminta kepada pimpinan Majelis Rektor PTN untuk dapat menerima mahasiswa baru lebih awal, bahkan sebelum mereka lulus," kata Joni, saat dihubungi Medcom.id, di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Baca:Menristekdikti Berharap UTBK Maju di Semester Lima

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini, kata Joni, untuk mengantisipasi calon-calon mahasiswa baru unggulan yang saat ini banyak diambil lebih dulu oleh perguruan tinggi di luar negeri. "Perguruan tinggi luar negeri ini melakukan perekrutan secara langsung ke sekolah-sekolah SMA (Sekolah Menengah Atas) di Indonesia," imbuh mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini.
 
Untuk itu, LTMPT tengah melakukan persiapan untuk merespons usulan tersebut, terutama melaksanakan UTBK lebih awal bagi siswa yang baru masuk semester lima," terangnya.
 
Meski begitu, ia belum sempat menyampaikan secara detail, karena masih harus melibatkan Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Usulan ini, kata Joni, akan dibahas lebih lanjut pada rapat akhir agustus 2019 mendatang.
 
“Belum ditentukan (detailnya) karena pelaksanaannya harus melibatkan PTN yang akan menjadi tempat pelaksanaan UTBK. Kami baru akan rapat dengan para rektor akhir Agustus ini,” kata Joni.
 
Baca:UI Tanggapi Positif Rencana Perubahan Jadwal UTBK
 
Joni juga mengungkapkan, Menristekdikti meminta agar LTMPT menyelenggarakan UTBK kapan saja dan lebih cepat. Sehingga nilainya nanti siap digunakan para rektor jika diperlukan untuk menjadi bahan pertimbangan melalui jalur apapun.
 
Sebelumnya, Menristekdikti kepada Medcom.id juga mewacanakan akan memajukan jadwal UTBK. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya "pencari bakat" dari perguruan tinggi di luar negeri yang berburu calon mahasiswa baru berprestasi dari Indonesia.
 
"Inilah yang saya lakukan, strategi ini supaya tidak terjadi berbondong-bondong mendaftar ke luar negeri. Kalau biasanya dimulai Januari perlu maju, karena penerimaan mahasiswa baru di luar negeri Desember, kita bisa bulan November," kata Nasir.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif