NEWSTICKER
Rektor Agustinus Prasetyantoko Unika Atma Jaya Agustinus foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Rektor Agustinus Prasetyantoko Unika Atma Jaya Agustinus foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Dua Fakultas di Atma Jaya Bakal Kena Wajib Magang

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Maret 2020 18:31
Jakarta: Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya mengaku siap dengan kebijakan 'Kampus Merdeka', terutama untuk poin mengambil Satuan Kredit Semester (SKS) di luar kampus dengan kegiatan magang. Ke depan, program magang ini akan diwajibkan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknik.
 
"Yang kita dorong FEB dan Fakultas teknik ini yang kita dorong untuk jadi wajib, yang lainnya fakultatif karena di Atma Jaya ini fakultas punya karakteristik sendiri-sendiri," kata Rektor Unika Atma Jaya, Agustinus Prasetyantoko, di Gedung Yustinus, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.
 
Ia mencontohkan, salah satunya Teknologi Biologi mempunyai program yang berbeda. Yakni dua semester di luar kampus untuk riset di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena mereka punya track record mahasiswanya di semester lima atau enam sudah keluar negeri dengan sendirinya, jadi kita jadikan standar saja," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, terkait program magang ini, kata dia, sebenarnya sudah lama dijalankan di Atma Jaya. Namundengan adanya program Mendikbud Nadiem Makarim ini, maka akan lebih mengakselerasi program magang.
 
"Magang sudah sangat lama, tapi dengan kebijakan ini kita akselerasi. Artinya dulu tidak wajib dan sekarang kita dorong supaya lebih banyak prodi yang mengadopsi kebijakan itu. Sehingga akan semakin banyak mahasiswa kita yang magang," terangnya.
 
Kekinian, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan 20 perusahaan untuk tempat magang mahasiswa Atma Jaya. Atma Jaya dan perusahaan juga akan bersama-sama mengembangkan kurikulum.
 
"Kita sudah mulai MoU dengan perusahaan untuk membuat materi-materi kurikulum dengan perusahaan yang diajarkan sejak semester awal. sehingga mahasiswa kita sedari awal sudah mulai akrab dengan tema-tema dan isu-isu yang sedang hidup di dunia usaha," jelasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif