Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.
Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.

Nadiem: Kualitas SDM Kunci Penciptaan Teknologi Bermanfaat

Pendidikan Kampus Merdeka
Muhammad Syahrul Ramadhan • 10 Agustus 2020 14:18
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan, kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting dalam penciptaan teknologi yang bermanfaat. Makanya, SDM yang ada bukan hanya dituntut mempelajari teori, tapi juga cakap dalam praktik, sekaligus kreatif.
 
"Kuncinya kesuksesan dan adopsi daripada teknologi dan manfaat dari teknologi untuk masyarakat itu tergantung kualitas SDM yang membuat itu teknologi, yang merancang," ungkap Nadiem dalam webinar Inovasi Teknologi, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Nadiem mendorong semua perguruan tinggi menerapkan konsep Kampus Merdeka dengan semangat tinggi. Menurutnya, konse Kampus Merdeka bisa mewujudkan transformasi pendidikan di era 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Nadiem, pola pembelajaran di dalam kelas harus berubah guna mencetak SDM berkualitas. Dosen tidak lagi sekadar memberi 'ceramah', tetapi menjadi rekan diskusi dan debat bagi mahasiswanya.
 
"Kami inginkan ketika masuk ke kelas yang terjadi case study method. Mahasiswa berpartisipasi dalam perdebatan dalam mencari solusi," ucap dia.
 
Baca:Nadiem: Keputusan Final Sekolah Tatap Muka Ada di Orang Tua
 
Nadiem mengatakan, konsep Kampus Merdeka sejatinya juga memberikan keleluasaan bagi perguruan tinggi memberikan tugas-tugas pada mahasiswanya. Dosen bisa mengganti tugas menjadi berbasis proyek atau project based learning. Mahasiswa berkolaborasi untuk membuat sebuah proyek yang bermanfaat.
 
"Mahasiswa membuat proyek dengan mahasiswa lain yang nantinya dinilai. Dia menciptakan karya yang signifikan dengan bimbingan para dosen," tuturnya.
 
Nadiem menegaskan, pemerintah ingin para lulusan perguruan tinggi kaya pengalaman di bidang teknologi. Selain itu, punya soft skill, serta kemampuan berkreasi dan berkolaborasi.
 
"Kita ingin dosen keluar dari kampus mencari pengalaman di dunia industri termasuk teknologi," terangnya.
 
Nadiem juga berharap inovasi-inovasi dari perguruan tinggi di masa mendatang bakal bermanfaat besar bagi masyarakat. Semua kebijakan bakal didorong untuk mewujudkan cita-cita tersebut.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif