Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

1,3 Juta Data Pribadi Pegawai Kemendikbud Diduga Bocor

Pendidikan Berita Kemendikbud perlindungan data pribadi
Ilham Pratama Putra • 27 Mei 2020 15:36
Jakarta: Founder of Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, mengungkapkan terjadi dugaan kebocoran data pribadi pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di forum internet. Dia mengatakan setidaknya ada 1,3 data pribadi pegawai Kemendikbud yang ditampilkan dalam forum tersebut.
 
"Kemendikbud juga mengalami kejadian serupa, 1,3 juta data bocor. Data yang dibocorkan di antaranya adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK)," kata Teguh dalam akun twitter @secgron, Rabu, 27 Mei 2020.
 
Selain NIK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta status pernikahan juga dilampirkan dalam forum tersebut. Bahkan, ada nama lengkap ibu, ayah, nomor Kartu Keluarga, serta alamat rumah pegawai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1,3 Juta Data Pribadi Pegawai Kemendikbud Diduga Bocor
Tangkapan layar cuitanFounder of Ethical HackerIndonesia, Teguh Aprianto
 
Selain mengungkap dugaan kebocoran data pribadi pegawai Kemendikbud, Teguh juga mencuitkan dugaan kebocoran data seputar lingkungan pendidikan. Kebocoran ini terjadi pada situs Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), dan juga Medical Research Unit (MRU) Fakultas Kedokteran UI.
 
"Website Fakultas Ilmu Komputer UI dan juga MRU Fakultas Kedokteran UI dibobol dan datanya dibocorkan," terang teguh.
 
Baca:PGRI Desak Kemendikbud Membuat Kurikulum Darurat
 
Dalam unggahan tersebut tampak daftar pengguna website serta password nya dibocorkan. Bahkan foto, nickname, hingga tempat dan tanggal lahir pengguna juga ditampilkan pada forum tersebut. Namun, berapa banyak data yang diduga bocor tidak diketahui.
 
Dua kebocoran data pribadi itu bukanlah yang pertama di Indonesia. Baru-baru ini telah terdapat kebocoran data di berbagai aplikasi belanja daring seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Bhineka.
 
Kebocoran data juga terjadi pada layanan jasa penerbangan Lion Grup. Bahkan satu minggu yang lalu, 2,3 juta data penduduk Indonesia yang diduga berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga bocor di forum internet.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif