Ilustrasi. Foto: Media Indonesia
Ilustrasi. Foto: Media Indonesia

Permendikbud Pencegahan Kekerasan di Sekolah Bakal Jadi Perpres

Pendidikan Kekerasan di Sekolah
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 Februari 2020 13:07
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meningkatkan legal status Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah menjadi Peraturan Presiden (Perpres). Hal tersebut merespons kurang efektifnya implementasi Permendikbud tersebut di lapangan.
 
"Yang sedang dilaksanakan itu meningkatkan legal status menjadi Perpres. Sekarang belum terjadi apa yang diharapkan, jika dinaikkan maka lebih kuat," kata Plt. Direktur Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah Haris Iskandar kepada wartawan di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Sambil menunggu kata Haris, pihaknya terus mendorong agar Permendikbud tersebut benar-benar dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Pasalnya, kewenangan ada di Pemda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sekarang lebih Koordinasi dengan Pemda. Dalam mengen-force arti kekerasan ini. Peraturan sudah ada, sekarang kewenangan ada di pemda dan Pemda sudah menangani dengan baik," terangnya.
 
Ia pun menyebut, bakal berkoodinasi dengan Kemendagri. Sehingga peraturan ini efektif dijalankan.
 
Komisi Perlindungan Anak Indonesia sebelumnya menyoroti soal tidak efektifnya Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah. Pasalnya sepanjang pengawasan kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh KPAI, ternyata mayoritas sekolah tidak menggunakan Permendikbud tersebut dalam mencegah dan menangani kekerasan di sekolah.
 
Sebelumnya kasus kekerasan di sekolah terjadi. Teranyar siswa SMP di Kota Malang mengalami perundungan oleh tujuh temannya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif