Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) bersama Menristekdikti Mohamad Nasir dalam peresmian Unperba. (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) bersama Menristekdikti Mohamad Nasir dalam peresmian Unperba. (Foto: Dok. DPR)

Unperba Diharapkan Cetak SDM Berdaya Saing Global

Pendidikan berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 12 April 2019 12:33
Jakarta: Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) resmi dibuka. Perguruan tinggi yang digagas oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) itu menargetkan penerimaan seribu mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019-2020.
 
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengapresiasi berdirinya Unperba. Menurutnya, Unperba diharapkan dapat berkontribusi menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan global.
 
"Juga menghasilkan SDM yang mampu mengaplikasikan iptek bagi masyarakat," kata Nasir dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unperba Diharapkan Cetak SDM Berdaya Saing Global
(Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Dok. DPR)
 
Pada tahap awal ini, Unperba membuka dua fakultas yaitu Sains dan Teknik. Fakultas tersebut terdiri atas Program Studi S-1 Teknik Mesin serta S-1 Informatika.
 
Nasir pun berharap, Unperba mampu membina anak muda Indonesia menyongsong kemajuan teknologi informasi tingkat nasional. Hal itu dapat dilakukan melalui sinergi dan kerja sama degan menerapkan model penta helix.
 
"Baik dalam riset dan pengembangan, inovasi big data, AI, IoT. Hal ini perlu dilakukan demi tercapainya pendayagunaan teknologi informasi secara lebih optimal bagi pembangunan nasional," ucapnya.
 
Selain itu, Nasir berharap Unperba dapat mengembangkan pembelajaran berbasis digital yang didukung dosen yang kompeten. Unperba juga diminta melakukan penajaman kurikulum yang berkaitan dengan industri 4.0 dan society 5.0.
 
"Tujuannya agar mampu menghasilkan berbagai karya inovasi dan kelak menjadi lulusan yang dapat menciptakan lapangan kerja, serta berinovasi di tingkat global melalui karya-karyanya," ujar dia.
 
Seperti diketahui, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meresmikan Unperba. Kampus yang dibangun di atas lahan seluas 2 ribu meter persegi itu memiliki fasilitas yang lengkap berupa ruangan ber AC dan koneksi internet, perpustakaan, laboratorium informatika dan laboratorium bahasa Inggris.
 
Acara persemian dihadiri oleh Plt Bupati Kabupaten Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan Prof. Rizal Djalil, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah Prof Sugiharto, dan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof Dr Soewarto.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif