Kantor Bahasa Gorontalo melakukan pembinaan literasi untuk penulis muda. Dok Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.
Kantor Bahasa Gorontalo melakukan pembinaan literasi untuk penulis muda. Dok Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.

Penulis Muda di Gorontalo Diberi Pembinaan Literasi

Pendidikan Bahasa Indonesia kemampuan literasi Literasi Kemendikbudristek
Arga sumantri • 09 Oktober 2021 13:59
Gorontalo: Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo melakukan pembinaan literasi terhadap penulis muda di wilayah tersebut. Kepala Kantor Bahasa Gorontalo Armi mengungkapkan pembinaan penulis muda dilakukan karena potensi yang besar. 
 
Ia menyebut Gorontalo masih dikategorikan sebagai daerah yang baru berkembang. Namun, potensi dalam bidang literasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
 
"Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penulis muda Gorontalo yang telah menerbitkan buku dalam berbagai bentuk karya sastra," kata Armi melalui keterangan tertulis, Sabtu, 9 Otokber 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo melihat potensi bidang literasi ini bisa menjadi celah yang dapat dikembangkan lebih jauh. Pada Mei 2021, Kantor Bahasa provinsi Gorontalo pun menggandeng surat kabar harian setempat untuk pemuatan karya dari para penulis di wilayah tersebut.
 
"Kantor Bahasa provinsi Gorontalo menyadari sepenuhnya bahwa para penulis muda memerlukan wadah yang dapat menampung ide-ide kreatif mereka," ungkapnya.
 
Kerja sama dengan surat kabar harian setempat memungkinkan penulis mendapatkan tempat dan pembaca. Dengan begitu, karya para penulis muda Gorontalo dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas.
 
Baca: Kemendikbudristek Minta Masyarakat Gunakan Bahasa yang Sehat di Media Sosial
 
Rubrik khusus diberikan sebagai wadah pembinaan bagi para penulis muda. Penulis yang sudah pernah mengirimkan naskah ke redaksi akan dimasukkan ke dalam grup penulis yang dibentuk oleh redaksi. 
 
"Di dalam grup WhatssApp ini para penulis dan redaksi mengadakan diskusi dan membahas berbagai masalah kepenulisan," ungkapnya.
 
Selain itu, lanjut dia, Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo juga telah melaksanakan kelas menulis melalui Zoom bagi semua penulis yang telah mengirimkan tulisan ke media massa tersebut. Kegiatan yang diberi tajuk 'Kelas Menulis: Kiat Menembus Media' ini diselenggarakan pada 1-2 September 2021 dengan mengundang penulis Iqbal Aji Daryono sebagai narasumber.
 
Selama kegiatan ini, kata dia, redaksi hanya menemui sedikit kendala karena rata-rata tulisan yang masuk sudah baik, dari segi ide maupun penulisan. Kendala justru datang karena variasi tulisan yang masuk sangat terbatas. 
 
"Naskah yang dikirimkan lebih banyak dalam bentuk puisi. Untuk mengatasi hal tersebut redaksi biasanya mengontak penulis yang dianggap sudah mumpuni untuk mengirimkan tulisan dalam genre yang dibutuhkan," jelasnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif