Pesantren di Serpong. Foto:  MI/Galih Pradipta
Pesantren di Serpong. Foto: MI/Galih Pradipta

Santri Mengundurkan Diri dari Beasiswa PBSB, Pesantren Bisa di-Black List

Pendidikan pesantren Beasiswa Kemenag
Citra Larasati • 02 Juni 2021 11:10
Jakarta:  Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama telah mengumumkan santri yang lulus Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2021. Total ada 213 santri yang mendapat beasiswa kuliah di 19 perguruan tinggi mitra.
 
Untuk santri yang memilih Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor, hasil seleksinya akan diumumkan pada 30 Juni 2021.  Kasubdit Pendidikan Pesantren, Kemenag, Basnang Said mengingatkan, santri yang dinyatakan lulus seleksi PBSB agar tidak mengundurkan diri.
 
Sebab, jika itu dilakukan, pesantrennya akan terkena black list.  “Kemenag akan memblokir selama 1 tahun akun pesantren asal santri untuk tidak bisa mendaftar PBSB jika ada santri yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus,” ujarnya dikutip dari laman Kemenag, Rabu, 2 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahasantri yang kedapatan menggunakan data atau dokumen palsu juga akan didiskualifikasi secara sepihak.  Selama kuliah, kata Basnang, mahasantri PBSB akan mendapatkan komponen beasiswa yang terdiri dari biaya pendidikan, biaya tunjangan, dan biaya dukungan.
 
"Ketetapan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," tandas Basnang.
 
Baca juga:  213 Santri Lulus Program Beasiswa Santri Berprestasi
 
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag, Waryono Abdul Ghafur meminta para santri yang lulus untuk segera melakukan tahapan pemberkasan.
 
"Mahasantri selanjutnya harus melakukan validasi data dan dokumen secara online melalui Akun santri masing-masing. Sehingga Kanwil akan memverifikasi dan menerbitkan Surat Keterangan hasil validasi data dan dokumen," jelas Waryono.
 
Ia berharap para santri yang lulus berkoordinasi dengan narahubung maupun contact center PBSB.  Menurut Waryono, para santri yang baru diterima juga bisa menghubungi pengurus Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA).
 
Mereka dapat memberikan pendampingan untuk melakukan validasi data dan dokumen, serta saat registrasi di perguruan tinggi yang dituju.  Untuk melihat informasi teknis dan daftar nama-nama santri yang lulus seleksi PBSB tahap 2 tahun 2021, sila klik: Pengumuman Kelulusan Peserta Seleksi Tahap II PBSB Tahun 2021. 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif