Sesjen Kemendikbudristek, Suharti. Zoom
Sesjen Kemendikbudristek, Suharti. Zoom

Kemendikbudristek Luncurkan Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter

Pendidikan Pendidikan Karakter Kemendikbudristek
Citra Larasati • 19 September 2021 09:28
Jakarta:  Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter. Portal ini dikembangkan untuk mendukung tugas Puspeka dalam mengembangkan dan mengkampanyekan konten-konten penguatan karakter. 
 
Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti menyampaikan, bahwa perhelatan ini merupakan bukti bahwa pendidik, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan, maupun masyarakat umum tetap bersemangat memberikan energi positif menyebarkan praktik baik penguatan karakter meski dalam situasi pandemi. 
 
“Saya bangga untuk dapat menghadiri Peluncuran Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter Tahun 2021. (Artinya) Ada semangat untuk tetap berjuang menyebarkan karya/kegiatan/praktik baik untuk kemajuan masa depan karakter dari penerus bangsa kita,” kata Suharti dalam siaran persnya, Minggu, 19 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya meyakini bahwa seluruh karya, cipta dan tampilan dari Bapak/Ibu sekalian dapat menjadi suntikan penyemangat dan bahkan menularkannya kepada lingkungan sekitar untuk dapat meneruskan praktik baik penguatan karakter,” lanjut Sesjen Suharti. 
 
Baca juga:  Akun Belajar.id Diluncurkan, Bisa Akses 46 Aplikasi Belajar Daring
 
Akan tetapi, pada sisi lain katanya, kehadiran media sosial sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Unggahan-unggahan praktik baik di Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi dapat menjadi perpanjangan tangan dari pelibatan masyarakat di dalam menguatkan pendidikan karakter di Indonesia.  
 
Peluncuran Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter tersebut mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Karakter Bangsa”. Tujuan dari perhelatan ini adalah menjadi wadah apresiasi bagi berbagai pemangku kepentingan termasuk para guru, tenaga kependidikan, maupun praktisi pendidikan yang memiliki perhatian tinggi terhadap penerapan dan penyebaran praktik baik penguatan karakter di tempat tugas masing-masing, baik berupa karya maupun kegiatan. 
 
“Kami harap hati, jiwa, dan raga Bapak/Ibu sekalian tertaut untuk turut serta bahu membahu membagikan Profil Pelajar Pancasila sebagia bagian dari visi pendidikan Indonesia dan menuntaskan tiga dosa besar pendidikan sebagai salah satu program Kemendikbudristek,” ujar Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka, Hendarman.
 
Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter ini, kata Hendarman, akan terbuka seluas-luasnya untuk diikuti seluruh Sahabat Karakter. Ia menyampaikan bahwa sejauh ini Puspeka telah melakukan uji aplikasi melibatkan Agen Penguatan Karakter, fasilitator dan Sahabat Karakter. 
 
Hendarman menjelaskan, portal ini merupakan aplikasi berbasis web dengan berbagai unsur kegiatannya yang dapat dimasukkan pengunjung laman. Dikemas dalam bentuk gamifikasi yang menarik di mana Setiap Sahabat Karakater nantinya dapat membagikan praktik baik berupa kegiatan atau karya kreatif.
 
Karya tersebut akan mendapatkan poin dan masuk dalam papan peringkat Liga Kampanye Penguatan Karakter. Nilai kompetitif dan semangat untuk saling berbagi menyatu sebagai filosofi pengembangan portal ini. 
 
“Portal praktik baik ini harapannya dapat memperkaya konten-konten positif yang dapat menginspirasi dan mendorong terjadinya perubahan perilaku dan pikir dari masyarakat sebagai bagian dari kampanye penguatan karakter,” kata Hendarman.  
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif