NEWSTICKER
Menristek/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/ Ilham Pratama.
Menristek/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/ Ilham Pratama.

Menristek Ajak Inovator Ciptakan Teknologi di Ibu Kota Baru

Pendidikan Ibu Kota Baru
Ilham Pratama Putra • 26 Februari 2020 14:07
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro menantang berbagai lembaga riset nasional untuk menciptakan inovasi teknologi baru. Teknologi itu nantinya bakal diterapkan di ibu kota negara baru.
 
"Yang ini akan proposal based, yang pasti itu harus mendukung prioritas riset nasional. Bagi yang dianggap mampu akan kita libatkan," kata Bambang di acara Peluncuran Pendanaan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di Hotel Century, Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.
 
Tak hanya lembaga riset, Bambang juga menantang Institusi hingga perguruan tinggi untuk mengajukan teknologi terbaru. Sebab, dia ingin ibu kota negara baru dapat mencerminkan masa depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi artinya riset atau penguasaan teknologi terkait teknologi masa depan," ungkapnya.
 
Bagi Bambang, bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya di Ibu Kota baru bakal ada autonomous drive atau mobil tanpa supir. Dengan begitu, visi smart city akan terwujud.
 
"Yang sifatnya menyeluruh, ini harus dikuasai oleh kita," tambahnya.
 
Penguasaan teknologi baru dan datang dari anak negeri sendiri memang jadi idaman. Karena, sangat disayangkan jika perpindahan ibu kota tak diiringi hasil karya teknolgi dalam negeri.
 
"Sehingga kalau pun masih ada ketergantungan terhadap teknologi dari luar itu bisa diimbangi dengan teknologi yang dikuasai atau dikembangkan oleh bangsa Indonesia sendiri," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif