Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Gino Hadi
Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Gino Hadi

PISA Rekomendasikan Penguatan K-13, Pemerintah Malah Buat Kurikulum Baru

Pendidikan kurikulum 2013 PISA 2018 PISA Kurikulum Kurikulum Merdeka
Ilham Pratama Putra • 29 April 2022 17:13
Jakarta:  Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 nmemberikan rekomendasi kepada Indonesia untuk memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum 2013. Namun kini, pemerintah justru membuat kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka.
 
"Rekomendasi PISA waktu mengeluarkan skor berapa tahun lalu itu meminta kita untuk memastikan keberhasilan implimentasi kurikulum pendidikan yang baru melalui guru sebagai agen utama kurikulum. Ini kok malah bikin kurikulum baru," kata pengamat pendidikan Setiawan Agung Wibowo dalam webinar Sinau Vox Populi Institut, dikutip pada Jumat, 29 April 2022.
 
Direktur Program Penggerak Indonesia Cerdas itu mengatakan, rekomendasi PISA tersebut baiknya dijalankan oleh Indonesia. Sebab, hal itulah yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, saat ini masih banyak yang terus berupaya mengimplementasikan Kurikulum 2013. Bahkan ia menemukan satu sekolah di Jawa Timur, justru baru memantapkan penggunaan Kurikulum 2013.
 
"Saya baru keliling di Jawa Timur dan melihat satu sekolah pasang spanduk selamat datang tim Kemendikbud untuk pemantauan Kurikulum 2013. Ini kan berarti sekolah ini baru mulai dan masih ingin memantapkan kurikulumnya (K-13) di tahun ini," ungkap dia.
 
Baca juga:  Kurikulum Merdeka Diyakini Akan Menjawab Cita-Cita Merdeka Belajar
 
Selain memantapkan penggunaan kurikulum, Setiawan berharap pemerintah dapat mendorong satuan pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan kualitas mengajar. Kemudian perlu ada sistem evaluasi sistematis terhadap bentuk pelatihan guru.
 
"Jadi upaya ini juga yang perlu dilakukan selain tadi itu di kurikulum. Kita perlu ada evaluasi dan peningkatan kualitas guru untuk meningkatkan juga mutu pendidikan kita," tutupnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif