UN di Beberapa SMA di Sulsel Pakai Android
Sejumlah siswa mengikuti UNBK di SMP Santo Tarcisius di Dumai, Riau, Rabu, 3 Mei 2017, Ant - Aswaddy Hamid
Makassar:Pelaksanaan ujian nasional (UN) di beberapa SMA di Sulawesi Selatan menggunakan sistem android. Sistem itu juga digunakan untuk ujian sekolah.

"Jadi kami mendorong bukan hanya berbasis komputer tapi juga android," kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo di Makassar,  Sulawesi Selatan, Senin, 19 Maret 2018.


Disdik menyediakan lima aplikasi khusus ujian sekolah berbasis nasional (USBN). Tim mengunggah soal ujian lalu menyimpannya di bank soal.

Di Makassar, tuturnya, sejumlah sekolah telah melaksanakan USBN dengan android. Di antaranya SMA 10 Makassar, SMA 9 Makassar, SMA 16 Makassar, dan SMA 15 Makassar.

"SMA 10 misalnya, dari 10 ruangan peserta ujian tujuh di antaranya menggunakan komputer dan 3 lainnya sudah menggunakan android," kata Irman.

Bahkan di SMA 18 Makassar, menurut dia, dari 14 ruangan peserta ujian, hanya 1 ruangan yang menggunakan komputer. Sebanyak 13 ruangan lain menggunakan android.

Bukan hanya di Makassar, beberapa kabupaten/kota di Sulsel juga telah menerapkan USBN menggunakan komputer dan android. Misalnya Enrekang
dan Luwu.

"Tahun depan kami target lebih banyak lagi. Kalau bisa 100 persen ujian sekolah sudah berbasis komputer," pungkasnya.




(RRN)