Edukids, Cara Museum Gajah Gaet Kecintaan Anak pada Budaya
Gedung Museum Nasional. (Foto: Medcom.id/Inten Suhartien).
Jakarta: Ada yang berbeda dari Museum Nasional di libur semester ganjil kali ini. Tempat yang biasa disebut sebagai Museum Gajah ini menggelar Edukids untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan anak terhadap budaya Indonesia.

Edukids diperuntukkan bagi anak-anak berusia tingkat Taman Kanak-kanak (5-7 tahun) hingga kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini diselenggarakan mulai 23 Desember hingga 30 Desember 2017. Sementara untuk 25-26 Desember 2017, Edukids ditiadakan.


"Kegiatan ini bukanlah lomba. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan anak -anak terhadap kebudayaan Indonesia dengan cara yang menyenangkan," kata salah satu edukator, Maulidha Sinta Dewi saat berbincang dengan Medcom.id, Kamis, 28 Desember 2017.

Edukids terbagi menjadi beberapa kegiatan. Untuk usia TK, ada mewarnai gambar dan melukis kendi. Sementara untuk usia SD, terdapat kegiatan membatik dan membuat perhiasan dari manik-manik.


(Peserta menunjukkan hasil membatik yang jadi salah satu kegiatan Edukids di Museum Nasional. Foto: Medcom.id/Inten Suhartien).

Dalam satu hari, kegiatan Edukids terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dilakukan pada pukul 09.00-10.00 WIB, sesi kedua pukul 10.00-11.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 13.00-14.00 WIB.

Untuk mengikuti program ini, peserta cukup membayar tiket masuk dan melakukan pendaftaran. Namun jumlah peserta dalam tiap sesi dibatasi, hanya sebanyak 15 anak-anak.

"Maka itu, untuk mengikuti kegiatan Edukids peserta harus datang lebih awal sesuai sesi yang diinginkan," tuturnya.

Museum Nasional mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh penjuru Nusantara. Ada 150.000 koleksi yang dipajang di museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat ini. Koleksi benda di Museum Nasional terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, numismatik dan heraldik, keramik, etnografi, sejarah hingga geografi.

Museum yang didirikan Pemerintah Belanda pada 24 April 1778 beroperasi pada pukul 08.30-16.00 WIB pada Selasa hingga Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu beroperasi pukul 08.30-17.00 WIB.

Tiket masuk Museum Nasional untuk dewasa sebesar Rp5.000, anak-anak Rp2.000, dan wisatawan mancanegara Rp10.000. Museum Nasional juga menerima tamu rombongan dengan minimal peserta sebanyak 20 orang. Harga tiket masuk bagi rombongan berbeda, untuk dewasa sebesar Rp3.000 sedangkan anak-anak Rp1.000.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id