Dirjen SDID, Kemendikbud, Ali Ghufron Mukti (kanan) di sela-sela Pameran Pendidikan Eropa. Foto:  Medcom.id/intan Yunelia
Dirjen SDID, Kemendikbud, Ali Ghufron Mukti (kanan) di sela-sela Pameran Pendidikan Eropa. Foto: Medcom.id/intan Yunelia

Struktur Baru Organisasi di Kemendikbud dan Kemenristek Ditetapkan 2020

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf
Intan Yunelia • 04 November 2019 13:02
Jakarta: Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti (SDID), Kemendikbud, Ali Ghufron Mukti mengatakan, nomenklatur baru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan ditetapkan tahun depan (2020). Sementara hingga akhir tahun ini, dirjen yang membawahi pendidikan tinggi yang kini berada di Kemendikbud masih bersinergi dengan Kementerian Ristek/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).
 
"Sebetulnya nanti paling tidak berlaku (Kemenristekdikti) sampai 31 Desember 2019. Setelah itu tergantung pada kementerian masing-masing untuk seperti apa ke depannya," kata Ali Ghufron di Jakarta, Senin 4 November 2019.
 
Plt Rektor Universitas Trisakti ini mengatakan, nomenklatur baru di Kemendikbud sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2019 mengenai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satunya Dirjen SDID nantinya di bawah Kemendikbud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut keputusan presiden 72 ini kan sampai 31 (Desember) otomatis direktorat SDID, kelembagaan dan kemahasiswaan ini masuk ke dikbud. Tentu nanti ke depan bisa diperbarui atau apa," ujar Ghufron.
 
Sebelumnya, Ali Ghufron bertemu dengan kedua menteri terkait yaitu, Menristek/BRIN Bambang Bronjonegoro dan Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim. Pertemuan lebih banyak membahas mengenai masalah sumber daya manusia, infrastuktur, rencana induk pengembangan SDM ke depan, serta bagaimana sinergi dan tantangan ke depannya.
 
"Tapi dengan Pak Nadiem, berbagai macam permasalahan kita bicarakan terkait SDM Iptek Dikti, terutama di perguruan tinggi," papar Ghufron.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif