Salah satu lokasi banjir di Bidara Cina. Foto:  Uhamka/Dok. Humas
Salah satu lokasi banjir di Bidara Cina. Foto: Uhamka/Dok. Humas

Tim Uhamka Bantu Korban Banjir di Bidara Cina

Pendidikan banjir jakarta beasiswa osc
Intan Yunelia • 06 Januari 2020 14:24
Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) turun langsung membantu warga terdampak banjir di Bidara Cina, Jakarta Timur. Tim yang diturunkan terdiri dari mahasiswa BEM Universitas juga fakultas bersama UKM Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Imapala).
 
Tim dari Uhamka ini tak hanya membersihkan SD Muhammadiyah 11 Bidara Cina, Jaktim yang turut terendam banjir, namun juga membantu warga untuk membersihkan masjid hingga mengevakuasi warga yang akan keluar rumah.
 
"Mereka juga membersihkan sekolah tanah/lumpur di halaman masjid, menata kembali meja dan kursi ke dalam kelas agar siswa dapat kembali belajar Senin, 6 Januari 2020," kata Wakil Rektor III UHAMKA bidang Kemahasiswaan, Lelly Qodariah dalam siaran pers, Senin, 6 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Tim Uhamka juga sudah bergerak terhitung 1 Januari 2020 saat hujan tak kunjung berhenti dan mengakibatkan banjir di beberapa lokasi di Jakarta. "Sebagai bentuk kepedulian sivitas UHAMKA, dan tim Imapala bekerja sama dengan yang lain langsung turun mengevakusi warga. Di antaranya di Kampung Pulo Jakarta Timur dan Perumahan Indah Asri, Duri Kosambi Jakarta Barat yang terkepung banjir menggunakan perahu karet," ujarnya.
 
Tak hanya itu, panitia tanggap bencana banjir Uhamka juga menghimpun donasi dari sivitas UHAMKA dan juga stakeholder lewat Lazismu. Donasi yang dikelola LPP AIK di bawah koordinasi Wakil Rektor IV UHAMKA, Bunyamin dan kemudian akan didistribusikan ke titik-titik terdampak banjir. Uhamka juga bekerja sama dengan PKW DKI Jakarta.
 
"UHAMKA sebagai lembaga pendidikan tinggi akan terus memberi untuk negeri sebagai bentuk pengabdian dan tanggung jawab sosial," papar Bunyamin.
 
Selanjutnya, pada 2 Januari 2020, Uhamka juga turut mendistribusikan air bersih dan makanan siap saji kepada masyarakat Kampung Dukuh, Jalan Delima Kelurahan Susukan dan sekitarnya. Pendistribusian air bersih menjadi sangat vital mengingat PAM dan listrik dipadamkan, sehingga masyarakat kesulitan untuk wudhu dan kegiatan hajat lainnya.
 
"Tim juga menemukan TK Aisyiyah Bustanul Atfal di daerah Centex yang terkena dampak banjir, peralatan sekolah dan buku siswa terendam banjir. Insya Allah Tim UHAMKA siap mendistribusikan ke TK ABA, sehingga mereka siap kembali bersekolah," jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 11 Tanjung Lengkong, Jakarta Timur, Dedi Iswantara menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan Tim Uhamka kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir.
 
"Terima kasih atas bantuan dan tanggap tim UHAMKA menyisir wilayah sekolah dan sekitarnya agar siswa dapat kembali beraktivitas ke sekolah Senin, setelah usai liburan," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif