Ilustrasi tulis. Pexel.
Ilustrasi tulis. Pexel.

5 Beasiswa Luar Negeri yang Tidak Memerlukan Motivation Letter

Medcom • 25 Juli 2022 18:43
Jakarta: Menulis motivation letter biasanya merupakan salah satu syarat wajib untuk mendaftar beasiswa. Motivation letter ialah surat pengantar dengan pendamping dokumen lain seperti resume.
 
Syarat motivation letter kerap membuat mahasiswa malas mendaftar karena dapat berisi esai yang berlembar-lembar panjangnya. Namun, ada beberapa jenis beasiswa yang tidak membutuhkan motivation letter.
 
Mengutip dari Instagram @kobieducation, berikut 5 beasiswa yang tidak memerlukan motivation letter:

1. Australia Award Scholarship (Australia/S2 dan S3)

Australia Awards di Indonesia merupakan beasiswa yang berfokus mendukung perkembangan Indonesia, melalui kontribusi positif dari pembimbing-pembimbing profesional Australia. Sejak 1953, sudah ada sekitar 200.000 pelajar Indonesia yang mendapatkan bantuan pelajaran serta perkuliahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beasiswa ini memfokuskan diri untuk membuat mahasiswa Indonesia dapat berfokus pada bidang covid-19, seperti keamanan kesehatan, stabilitas, serta pemulihan ekonomi. Untuk info lebih lengkapnya, dapat melihat tautan https://www.australiaawardsindonesia.org/.

Persyaratan:

  1. Mengisi form online
  2. Sertifikat IELTS min. 5.5/ TOEFL ITP 525
  3. CV
  4. Letter of Recommendation
  5. Kembali ke negara asal minimal 2 tahun setelah studi

2. Chevening Scholarship (UK/S2)

Chevening Scholarship adalah program beasiswa dari Inggris untuk mahasiswa asing. Beasiswa ini didanai oleh Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO) dan beberapa organisasi.
 
Beasiswa ini menawarkan mahasiswa yang mempunyai potensi untuk menginspirasi serta membuat dampak positif. Oleh karena itu, hampir seluruh program studi ditawarkan dalam beasiswa Chevening.
 
Untuk info lebih lengkapnya, dapat melihat tautan  https://www.chevening.org/

Persyaratan:

  1. Pengalaman kerja 2 tahun
  2. Sertifikat IELTS (nilai minimal tergantung kampus)
  3. Formulir online
  4. Recommendation letter dari 2 orang
  5. LoA unconditional (wajib jika sudah sampai tahap interview)
  6. Ijazah dan transkrip

3. University Science and Technology (UST) Fellowship (Korea Selatan/S2 dan S3)

Beasiswa ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin mempelajari sains dan teknologi di Korea Selatan. Tidak hanya itu, banyak yang ditawarkan mulai dari 32 insitusi skala nasional, 43 program studi, serta rata-rata 3,74 SCI (Scientific) Papers yang sudah dipublikasikan per tahunnya.
 
Tidak sampai di situ, beasiswa UST sudah mengadakan 7 proyek nasional dan mengikuti 100 penampilan proyek pada 2021. Untuk info lebih lengkap dapat melihat tautan https://ust.ac.kr/admission_eng.do.

Persyaratan:

  1. Application form
  2. Sertifikat Bahasa Inggris (Min. IELTS 6.0)
  3. Surat rekomendasi
  4. Riset proposal
  5. Ijazah dan transkrip nilai

4. New Zealand Scholarship (New Zealand/S2 dan S3)

New Zealand Scholarship adalah beasiswa unik yang menyediakan pengalaman untuk mengembangkan pikiran serta karier, menikmati gaya hidup dan budaya Kiwi, serta mempunyai potensi untuk membentuk hidup dengan cara yang tidak biasa.
 
Selain itu, beasiswa ini menjamin adanya pendidikan luar biasa, di mana universitas di New Zealand berada di tiga persen universitas kelas dunia. Tidak hanya itu, prospek kerja yang baik setelah lulus terjamin pula.
 
Untuk info lebih lengkapnya, dapat melihat tautan  https://www.nzscholarships.govt.nz

Persyaratan:

  1. Application form
  2. Sertifikat Bahasa Inggris (tidak wajib)
  3. Ijazah dan transkrip nilai
  4. Surat rekomendasi dari pimpinan/atasan

5. Turkiye Burslari Scholarship (Turki/S1,S2 dan S3)

Türkiye Scholarships adalah beasiswa pemerintah Republic of Türkiye yang mendanai beasiswa dengan pendidikan lebih tinggi kepada mahasiswa mancanegara.
 
Beasiswa ini berfokus untuk memberikan kesempatan yang setara bagi mahasiswa mancanegara untuk mendapatkan pendidikan dengan skala internasional. Türkiye Scholarships berfokus pada banyak bidang studi, seperti seni, ekonomi maupun teknologi.
 
Untuk info lebih lengkapnya, dapat melihat tautan berikut  https://www.turkiyeburslari.gov.tr/.

Persyaratan:

  1. Application form
  2. CV
  3. Sertifikat Bahasa Inggris
  4. Ijazah dan transkrip nilai
  5. Surat rekomendasi.
Itulah lima beasiswa yang tidak memerlukan motivation letter saat mendaftar. Namun, pendaftar mesti menyiapkan hal lain yang tidak kalah sulit, salah satunya kemampuan bahasa Inggris. Sobat Medcom yang ingin mendaftar siapkan diri dengan belajar bahasa Inggris sebaik mungkin ya. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca juga: Mengenal 3 Struktur Motivation Letter yang Baik dan Tepat

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif