Museum Macan. Foto: Laman Museum Macan
Museum Macan. Foto: Laman Museum Macan

Hore! Museum MACAN Dibuka Kembali Setelah Libur Lebaran, Ini Prokes Terbarunya

Pendidikan liburan museum museum macan Lebaran 2022
Citra Larasati • 08 Mei 2022 14:51
Jakarta:  Museum MACAN telah dibuka kembali setelah sempat ditutup sementara selama libur Lebaran 2-3 Mei 2022.  Saat ini museum MACAN dapat dikunjungi kembali mulai Selasa sampai Minggu, pukul 10.00–16.00 WIB dengan ketentuan protokol kesehatan baru.

Syarat dan Ketentuan Kunjungan

Museum MACAN siap menyambut para pengunjungnya kembali di museum. Para pengunjung diminta membaca protokol kesehatan dan keamanan sebelum memesan tiket.

Sebelum Berkunjung

Pastikan pengunjung telah merencanakan kunjungan, memahami peraturan kunjungan yang telah diperbarui, dan memiliki info serta dokumen yang diperlukan saat berkunjung.  Untuk itu, rencanakan hari dan waktu berkunjung. "Kami menyediakan tiga slot waktu berkunjung harian. Datanglah pada slot waktu tersebut, kemudian Anda dapat menghabiskan waktu sebanyak yang Anda inginkan hingga jam tutup museum," kata informasi yang dikutip dari laman museummacan.org, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Untuk anggota MACAN Society, Patron museum, dan bagian dari Keanggotaan Korporat serta Keanggotaan Edukasi tetap diminta memesan slot waktu kedatangan.   Pesan tiket secara daring di situs museum macam atau lewat mitra tiket kami (Traveloka | Tiket.com | Go-Tix | Klook). 
 
Saat membeli tiket, pengunjung akan diminta mengisi beberapa data pribadi (nama lengkap, alamat, nomor kontak, usia, gender). Data ini diminta untuk mengantisipasi keperluan pelacakan jika diperlukan. Prosedur ini diwajibkan oleh pemerintah untuk mengunjungi tempat umum. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak Museum Macan bekerja sama dengan VIDA Pass dan Peduli Lindungi untuk persyaratan masuk ke museum. Pengunjung akan diminta untuk memindai QR Code Peduli Lindungi yang tersedia di pintu masuk dan keluar museum, serta memeriksa suhu tubuh sebelum memasuki area Museum.
 
"Informasi lebih lanjut mengenai kebijakan privasi VIDAPass dapat diakses di laman Museum MACAN," imbuh informasi tersebut.
 
Sesuai dengan peraturan pemerintah, pengunjung diwajibkan untuk minimal sudah menerima satu dosis vaksin covid-19 untuk dapat berkunjung ke tempat-tempat umum, termasuk ke Museum. Anak-anak berusia di bawah 12 tahun tidak perlu menunjukkan bukti vaksin, namun harus didampingi oleh orang tua yang telah divaksin (minimal dosis pertama) dan memiliki akses Peduli Lindungi.
 
"Mohon memesan tiket secara daring, kami hanya mengalokasikan tiket di loket museum (on-the-spot) dalam jumlah terbatas," terangnya lagi.
 
Semua pengunjung dan staf museum harus selalu memakai masker saat berada di area Museum, tanpa kecuali. Museum tidak menyediakan masker, namun jika Anda lupa membawanya, mampirlah ke Shop at MACAN untuk mendapatkan masker edisi terbatas dari Museum MACAN! 
 
Ruang Penyimpanan Barang di museum akan ditutup. Bawalah tas berukuran A4 atau lebih kecil, sehingga pengunjung dapat membawanya ke dalam galeri. 
 
"Jika Anda merasa kurang sehat sebelum berkunjung, mohon membatalkan kunjungan Anda," seru informasi tersebut.

Di Lobi Museum

Saat tiba di museum, pengunjung akan diarahkan menuju lantai 2 (Lobi Museum).  "Selalu gunakan masker selama kunjungan. Kami tidak mengizinkan masker untuk dilepas, termasuk saat berfoto bersama dan berswafoto (selfie)," terangnya.
 
Di Lobi Museum, pengunjung akan diarahkan untuk pengecekan suhu, kemudian ke loket pembelian tiket (jika belum membeli tiket), atau ke lantai M (Museum) jika sudah memiliki tiket.

Menuju Area Pameran

Di lantai M, Anda akan diarahkan menuju pemindaian tiket mandiri. Unduh panduan pameran dengan memindai kode QR di pintu masuk galeri. 
 
Untuk kenyamanan pengunjung dan alasan keamanan, pihak museum membatasi jumlah pengunjung dalam galeri pada tiap slot waktu. Penyanitasi tangan (hand sanitizer) tersedia di Area Publik, sedangkan sabun cuci tangan tersedia di toilet. 
 
Jika Anda memerlukan bantuan saat berkunjung, tim keamanan dan asisten museum yang berada di Area Galeri dan Area Publik siap membantu.  "Kami telah mengunggah Panduan Pameran versi digital untuk kenyamanan Anda. Unduh Panduan Pameran dan Panduan Museum untuk Anak dalam pameran 'Multiverses and Dreams'," kata informasi tersebut.

Panduan Pameran Koleksi MACAN

Di Area Galeri

Jaga jarak minimum 2 meter dengan pengunjung lain. Makanan dan minuman tidak diizinkan untuk dikonsumsi dalam galeri. Jika pengunjung membawa botol minum atau makanan, mohon menyimpannya dalam tas.
 
Kamera digital (DSLR, Mirrorless, kamera saku digital), kamera analog (SLR, kamera 35mm, kamera instan seperti Polaroid dan Instax), tripod, dan tongkat selfie tidak diizinkan untuk dipakai di dalam area museum. "Mohon menyimpannya dalam tas," ujarnya.

Setelah Berkunjung

Mandi dan ganti bajulah segera setelah sampai di rumah.  Jika pengunjung merasa sakit, mohon segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Museum akan menyediakan data pengunjung untuk pemerintah setempat jika diminta.
 
Baca juga: Basoeki Abdullah Art Award Kembali Digelar, Sasar Seniman Muda Usia 17-30 Tahun

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif