Ketua PMB PTKIN 2022, Imam Taufiq. Medcom.id/Mustolih
Ketua PMB PTKIN 2022, Imam Taufiq. Medcom.id/Mustolih

Pendaftar UM-PTKIN 2022 Terbanyak Lulusan SMK

Mustholih • 30 Juni 2022 17:13
Semarang: Sebanyak 63.777 peserta lulus seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pendaftar didominasi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 
 
"Berdasarkan evaluasi hasil ujian, kita meluluskan 63.777 calon mahasiswa baru PTKIN se-Indonesia. Tahun ini, tren yang mendaftar paling banyak dari SMK bukan Aliyah," kata Ketua PMB PTKIN 2022, Imam Taufiq, di Kampus UIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Imam mengungkapkan UM-PTKIN 2022 diikuti 142.716 peserta. Rinciannya, lulusan SMK 43.723, Madrasah Aliyah 39.365, SMA 13.119, Pondok Pesantren 1.831, dan lainnya 812 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Imam menyoroti pendaftar terbanyak ialah lulusan SMK. Hal itu, kata dia, mesti menjadi pekerjaan rumah. 
 
"Ini bisa menjadi PR terutama Kementerian Agama, ada apa dengan Madrasah Aliyah? Kenapa tidak kuliah satu jalur dengan PTKIN? Ini akan menjadi evaluasi kita dan banyak positifnya untuk meningkatkan ke depan," ujar Imam.
 
Dia menyebut perguruan tinggi islam se-Indonesia sudah memiliki cara untuk tetap menjaga kualitas pendidikan bagi mahasiswa baru lulusan SMK. "Masing-masing kampus punya strategi pendadaran. Ada pemondokan. Seperti di UIN Walisongo, yang nilai rendah kita wajibkan masuk pondok di Pondok Al-Jamiah," kata Rektor UIN Walisongo tersebut.
 
Imam mengatakan UM-PTKIN diikuti 58 perguruan tinggi islam negeri dan satu perguruan tinggi islam swasta. Adapun program studi yang paling diminati ialah Farmasi dan Teknologi Informatika. 
 
"Yang paling diminati adalah Farmasi, TI, Ekonomi Syariat, Manajemen Syariah. Tapi, pendaftar paling banyak ya program studi agama," tutur Imam.
 
Mahasiswa baru yang dinyatakan diterima dalam UM-PTKIN sudah bisa mengakses hasil pengumuman hari ini di laman https://pengumuman.um-ptkin.ac.id. "Mengenai tindak lanjut, peserta dapat merujuk ketentuan daftar ulang di PTKIN masing-masing," ungkap Imam.
 
Baca juga: Selamat! 63.717 Peserta Lulus Seleksi UM-PTKIN 2022, Cek di sini

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif