Ilustrasi. Pexel
Ilustrasi. Pexel

Mengenal Algoritma, Ilmu yang Digunakan dalam Programming

Medcom • 29 Juni 2022 16:37
Jakarta: Apa yang terlintas di benak Sobat Medcom ketika mendengar istilah algoritma? Pasti akan langsung tertuju pada perhitungan matematika, bukan?
 
Memang tak sepenuhnya salah, sebab algoritma sejatinya lahir sebagai bagian dari ilmu matematika. Namun, seiring perkembangan zaman, algoritma juga digunakan dalam ilmu komputer.
 
Algoritma kini terkenal erat kaitannya dengan pemrograman alias programming. Dalam hal ini, algoritma berperan sebagai logika untuk menentukan program yang akan dibuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir laman Gokampus, algoritma pemrograman bekerja dengan menentukan perhitungan penyelesaian masalah. Proses pemecahan masalah tersebut harus menggunakan susunan logis berdasarkan sistematika tertentu.
 
Pemanfaatan algoritma dalam programming terbukti mampu meningkatkan kualitas hasil pencarian Google. Sebagai contoh, sebuah platform biasanya menyuguhkan konten yang mirip dengan konten yang sebelumnya ditonton oleh pengguna.
 
Contoh lain dari algoritma pemrograman ini bisa dilihat dalam film bertajuk The Social Dilemma. Film yang rilis pada September 2020 itu menjabarkan seluruh aktivitas di internet secara umum, termasuk peran algoritma di media sosial. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komputer Paling Favorit di UI Keketatan Capai 1 100

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif