Rektor Unand, Yuliandri. Foto: Dok. Unand
Rektor Unand, Yuliandri. Foto: Dok. Unand

Sah! Universitas Andalas Jadi PTN-BH ke-13 di Indonesia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Universitas Andalas Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 08 September 2021 09:30
Jakarta:  Universitas Andalas (Unand) resmi menyangdang status sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) setelah ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo.
 
Rektor Unand, Yuliandri mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas semua doa dan dukungan sehingga Universitas Andalas resmi berstatus PTN-BH. “Perubahan status ini juga menjadi kado istimewa karena bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Andalas ke 65 atau lustrum ke-13 pada 13 September mendatang,” kata Yuliandri dikutip dari laman Unand, Rabu, 8 September 2021.
 
Yuliandri mengatakan, pengusulan perubahan status ini melewati proses yang cukup lama. Dimulai pada masa kepemimpinan Werry Darta Taifur, sejak 2016 Universitas Andalas sudah melakukan persiapan dan membentuk tim transformasi menuju PTN-BH.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, sudah ada 12 PTN-BH di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
 
Kini, Universitas Andalas menjadi PTN ke-13 yang berstatus badan hukum di Indonesia. “Dengan perubahan status ini akan membuka ruang kepada kita untuk lebih otonom baik dalam bidang akademik seperti pendirian program studi maupun untuk melakukan berbagai kerja sama termasuk juga bisa melakukan berbagai akivitas lain yang bisa meningkatkan dan mengembangkan baik proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Yuliandri.
 
Baca juga:  Ingin Jadi PTNBH, Unesa Studi Banding ke UNS
 
Ditambahkannya, pengembangan Universitas Andalas lebih bisa ditingkatkan terutama daya saing baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.
 
Ia menyampaikan, salah satu target yang dibebankan kepada perguruan tinggi nantinya yakni bagaimana percepatan prestasi ketika sudah berstatus PTN-BH.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif