Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta.
Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta.

Politeknik eLBajo NTT Didorong Segera Luncurkan Program D-2 Fast Track

Pendidikan Pendidikan Vokasi Program Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek
Arga sumantri • 22 Juni 2021 07:05
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong SMK dan jajaran Politeknik eLBajo Commodus (PLC), Nusa Tenggara Timur (NTT) segera meluncurkan program D-2 Fast Track. Program ini diyakini bisa meningkatkan soft skill para pelajar.
 
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto mengungkapkan, program ini bisa meningkatkan kemampuan dan karakter siap kerja, serta siap berwirausaha para lulusannya. Program ini pun menuntut link and match dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (Dudika).
 
"Dengan mengajak industri turut serta dari awal menyusun kurikulum bersama, kata Wikan, lulusan SMK-D2 Fast Track relatif tidak perlu lagi mengikuti pelatihan di industri ketika masa awal bekerja," ujar Wikan mengutip siaran pers Kemendikbudristek, Selasa, 22 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Startup Kampus Vokasi Diharapkan Hasilkan Produk Siap Jual
 
Menurut Wikan, anak SMK setelah tamat harus langsung siap kerja dan siap belajar sepanjang hayat. Dalam program ini, siswa SMK setelah selesai masa studi 3 tahun di SMK, cukup kuliah setengah tahun. Kemudian, dilanjutkan dengan program magang selama satu tahun di industri. 
 
"Ini magang sambil belajar di industri, dengan model dual system akan membuat mahasiswa D2 semakin matang dan terbiasa bekerja di dunia kerja. Setelah itu langsung mendapatkan gelar Diploma II," ujar Wikan.
 
Politeknik eLBajo Commodus mengaku telah siap menjadi mitra program D-2 Fast Track untuk SMK di seluruh Manggarai Raya. Hal ini ditunjang oleh terciptanya kerjasama dengan DUDI di Kota Labuan Bajo dan sekitarnya, dalam hal pariwisata.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif