Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

Internal Kemendikbudristek Belum Bahas Wacana PPN Jasa Pendidikan

Pendidikan Kebijakan pendidikan Biaya Pendidikan Anggaran Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 15 Juni 2021 19:24
Jakarta: Pemerintah mewacanakan akan mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada sejumlah barang dan jasa, salah satunya adalah jasa pendidikan. Namun ternyata, internal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) belum membahas hal tersebut sama sekali.
 
"Sampai sejauh ini belum ada pembahasan tentang itu, khususnya di Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)," kata Sekretaris Dirjen GTK Nunuk Suryani dalam webinar Bincang Pendidikan, Selasa 15 Juni 2021.
 
Pada kesempatan itu, Nunuk mengaku belum bisa membahas lebih lanjut terkait wacana kebijakan tersebut. "Jadi mungkin dikesempatan yang lain kita bahas lebih jauh," sebut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terpisah, Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hendarman mengatakan, ide mengenakan pajak untuk jasa pendidikan datang dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
 
"Ide dari mereka (Kemenkeu)," kata Hendarman kepada Medcom.id, Selasa 15 Juni 2021.
 
Baca juga:  Nadiem Bakal Kaji Lagi Wacana 'PPN Sekolah'
 
Hendarman juga belum mau berbicara banyak terkait kajian pembebanan pajak ke dunia pendidikan itu. Bahkan dirinya bungkam ketika ditanya apakah kebijakan tersebut telah melalui koordinasi antara pihaknya dengan Kemenkeu.
 
"Silahkan hubungi Kemenkeu ya," tutup Hendarman.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif