Mendikbud, Muhadjir Effendy saat mengunjungi P4TK di Yogyakarta, Medcom.id/Patricia Vicka.
Mendikbud, Muhadjir Effendy saat mengunjungi P4TK di Yogyakarta, Medcom.id/Patricia Vicka.

Mendikbud Pastikan Kendala Server Tak Ganggu UNBK

Pendidikan ujian nasional
Patricia Vicka • 25 Maret 2019 18:46
Yogyakarta: Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DIY mengalami kendala pada saat log in. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendi memastikan kendala ini tidak mengganggu pelaksanaan UNBK secara keseluruhan.
 
Muhadjir mengatakan kendala disebabkan lambatnya proses memasukkan token (password) ke server ujian. "Saya sudah sampaikan berkali-kali Pasti terjadi blockchain. Tapi tidak berpengaruh (pada pelaksanaan UNBK), "tegas Muhadjir saat mengunjungi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) di Yogyakarta, Senin, 25 Maret 2019.
 
Menurutnya kejadian server eror biasa dan wajar terjadi di hari pertama ujian. Lantaran di waktu yang bersamaan seluruh sekolah di Indonesia bersama-sama mengakses soal di server Kemendikbud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai masalah muncul, Kemendikbud langsung mengatasinya dengan mengaktifkan server cadangan. "Token muncul 15 sampai 10 menit itu biasa. Karena kalau harus membuka server cadangan pusat itu memang membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit," jelas dia.
 
Baca:Sembilan SMK di Yogyakarta Alami Gangguan Password
 
Ia pun memastikan tidak ada sekolah yang menunda pelaksanaan UNBK di sesi berikutnya. Selain itu keterlambatan ini juga tidak mengurangi waktu ujian siswa. Muhajir memastikan pelaksanaan UN BK berlangsung dengan baik.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji mengatakan ada sembilan SMK yang mengalami kendala di hari pertama pelaksanaan UNBK. Pihak sekolah harus menunggu lima hingga sepuluh menit saat memasukkan token ke server komputer.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif