Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kemendikbud Diminta Membuat Juknis Pengalihan Dana BOS

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 10 April 2020 17:16
Jakarta: Ikatan Guru Indonesia (IGI) meminta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatur skema penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli pulsa siswa dan guru guna membantu kelancaran pembelajaran jarak jauh (PJJ).Pengalihan dana BOS ini dinilai perlu payung hukum yang tegas agar tepat sasaran.
 
"Aturan tertulis ini seperti memuat kriteria, siswa mana yang bisa menerima bantuan pulsa dari BOS," kata Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli kepada Medcom.id, Jumat, 10 April 2020.
 
Menurut dia, kepala sekolah yang diberi mandat mengalokasikan dana BOS harus jeli melihat status ekonomi siswa. Jangan sampai bantuan pulsa ini malah menyasar siswa yang mampu secara ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar tidak chaos semua siswa minta pulsa, karena sayang sekali dana BOS untuk pulsa diberikan kepada siswa yang sebenarnya mampu beli kuota. Di situlah kita ingin ada petunjuk teknis (juknis)," ujarnya.
 
Baca:Survei: Mayoritas Mahasiswa Kuliah Daring Pakai HP
 
Tata cara penyalurannya juga harus diperjelas. Contohnya, langsung ditransfer ke nomor telepon seluler siswa dan guru, atau cara lain.
 
Dia menilai inspektorat di daerah juga tidak akan bisa tegas jika aturan dari Kemendikbud hanya sekadar lisan. Kepala sekolah juga diyakini tak akan berani mengalihkan dana BOS bila tak ada aturan di atas kertas.
 
"Kepala sekolah tidak akan berani membuat kebijakan tanpa dasar hukum tertulis dari Kemendikbud. Untuk itu Kemendikbud harus segera membuat acuan tersebut," ungkapnya.
 
Mendikbud Nadiem Makarim menyebut dana BOS boleh digunakan untuk membeli pulsa. Pulsa yang diberikan ini nantinya berguna dalam mendukung Pembelajaran Jarak Jauh.
 
"Dana BOS, kami di Kementerian boleh digunakan untuk apa saja. Berarti kita sudah tambahkan itu untuk kuota internet buat guru dan muridnya," kata Nadiem dalam konferensi video, Kamis, 9 April 2020.
 
Namun, keputusan untuk alokasi anggaran itu diserahkan kepada kepala sekolah masing-masing. Termasuk, bagaimana skema pemberian dan siswa mana yang berhak mendapat bantuan pulsa.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif