Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyanti. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyanti. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

KPAI: PPDB Sistem Zonasi Harus Dipertahankan

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2020
Ilham Pratama Putra • 11 Juni 2020 14:31
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan sistem zonasi mesti dipertahankan. Menurutnya kebijakan zonasi ini lebih sejalan dengan Hak Asasi Manusia dan mengedepankan hak anak.
 
"Kebijakan zonasi sejalan dengan Hak Asasi Manusia terutama hak mengakses pendidikan berkualitas dan berkeadilan bagi semua anak tanpa memandang status sosial dan kemampuan akademik," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyanti, dalam Konferensi Video bertema "PPDB dan Tahun Ajaran Baru 2020: Berburu Sekolah di Tengah Pandemi Covid-19, Kamis 11 Juni 2020.
 
Baca juga:Pengajuan Akun PPDB DKI Jakarta Dimulai Hari Ini

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Retno, zonasi juga sejalan dengan kepentingan terbaik bagi anak. Karena sistem zonasi mendekatkan jarak rumah ke sekolah.
 
"Dan ini suatu kebijakan yang sejalan dengan kepentingan terbaik anak sebagaimana prinsip yang tertuang dalam konvensi hak anak," lanjut Retno.
 
Dia menyebut, sistem zonasi bahkan lebih baik daripada sistem kecerdasan akademik. Karena tak semua siswa memiliki kemampuan tersebut.
 
"Ada anak yang mungkin kecerdasannya di luar akademik, seperti kecerdasan kinetik dan naturalis. Ini kan akhirnya hak mereka untuk mendapat sekolah yang dekat dari rumah tidak terpenuhi," ujarnya.
 
Hal ini juga akhirnya yang mendukung satu wilayah untuk peduli pendidikan. Menyadari di wilayahnya tidak ada sekolah negeri, pemerintah setempat pun tampak bergegas mendirikan layanan pendidikan.
 
"Lalu yang terjadi di wilayah pemukiman baru, misalnya Pemerintah Kota Bekasi bikin sekolah baru, bahkan ada tujuh di tiga tahun terakhir. Jumlah sekolah bertambah, akhirnya wilayah lebih peduli pendidikan," tutupnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif