Pelatihan virtual sistem manajemen biorisiko Laboratorium dalam penanganan dan pengujian sampel covid-19. Dok IPB University
Pelatihan virtual sistem manajemen biorisiko Laboratorium dalam penanganan dan pengujian sampel covid-19. Dok IPB University

IPB Gelar Pelatihan Manajemen Biorisiko Lab Pengujian Sampel Covid-19

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Arga sumantri • 18 September 2020 14:13
Bogor: Pusat Studi Satwa Primata, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PSSP LPPM) IPB University dan Predict Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Biorisiko Indonesia (ABI) mengadakan pelatihan virtual sistem manajemen biorisiko Laboratorium dalam penanganan dan pengujian sampel covid-19. Kegiatan pelatihan berlangsung selama lima hari, sejak 14 sampai 18 September 2020.
 
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam kebijakan serta pelaksanaan teknis penanganan spesimen suspek covid-19. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko bagi pekerja laboratorium yang bekerja dengan bahan biologi berbahaya.
 
Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi IPB University, Dodik Ridho Nurrochmat, memastikan kampusnya tetap menjalan protokol kesehatan dengan ketat. Bahkan, Ketua Komite Crisis Center Antisipasi Covid-19 IPB University ini menyebut kampusnya juga menerapkan kebijakan partially closed down.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, Kepala PSSP LPPM IPB University, Huda S Darusman berharap seluruh peserta dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari pelatihan ini.
 
"Komunikasi antara peserta dengan para narasumber diharapkan tidak hanya terbatas selama waktu pelatihan namun juga setelah pelatihan selesai melalui lembaganya," ungkap Huda melalui keterangan tertulis, Jumat, 18 September 2020.
 
Baca:IPB Kenalkan Inovasi Alat Penangkap Ikan kepada Nelayan Cirebon
 
Selama pelatihan, para peserta mendapatkan berbagai materi. Antara lain, penilaian risiko fasilitas uji covid-19, penilaian kompetensi petugas laboratorium, serta standar praktik dan prosedur mikrobial di laboratorium PCR. Selain itu, terdapat juga materi pengumpulan sampel dan transportasinya yang meliputi aspek biosafety atau biosecurity pengumpulan, pengemasan, dan transportasi sampel.
 
Peserta pelatihan adalah undangan yang terdiri dari staf pusat penelitian di lingkungan IPB University, tim pelaksana satelit pendukung pengujian covid-19 pusat riset kolaborasi IPB, serta staf peneliti dan rumah sakit universitas di Indonesia yang menangani langsung spesimen suspek covid-19. Narasumber pelatihan adalah para ahli dari Asosiasi Biorisiko Indonesia maupun lembaga lain, termasuk PSSP LPPM IPB University.
 
Pusat Studi Satwa Primata yang menjadi laboratorium rujukan untuk pemeriksaan covid-19 di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, selama ini telah menerapkan aspek biosafety dan biorisiko dalam kegiatannya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif