Menristekdikti, Mohamad Nasir (kanan) tengah menyalami Rektor UNS, Jamal Wiwoho, Kemenristekdikti/Humas.
Menristekdikti, Mohamad Nasir (kanan) tengah menyalami Rektor UNS, Jamal Wiwoho, Kemenristekdikti/Humas.

Nasir Lantik Delapan Pejabat di Lingkungan Kemenristekdikti

Pendidikan Pelantikan pejabat
Citra Larasati • 12 April 2019 21:13
Jakarta: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir melantik delapan pejabat di lingkungan kerja Kemenristekdikti, Jumat, 13 April 2019, di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta. Nasir meminta para pimpinan yang dilantik agar
mendorong kemajuan riset, teknologi dan inovasi yang diukur melalui peningkatan jumlah publikasi, penelitian terapan dan atau inovasi.
 
Setiap pemimpin, kata Nasir, harus membuka diri untuk beradaptasi terhadap lingkungan baru yang selalu berubah. Menyesuaikan pada perkembangan zaman juga menjadi tugas para pemimpin institusi dalam upaya memajukan institusinya masing-masing.
 
Nasir menyebutkan, para pemimpin yang baru saja dilantik diminta menaikkan peringkat institusi dan mendorong riset, teknologi dan inovasi yang dapat diukur melalui peningkatan jumlah publikasi, penelitian terapan dan/atau inovasi. Selain itu mendorong para inovator untuk mendaftarkan paten dan membangun jiwa kewirausahaan anak didiknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mahasiswa harus didorong untuk menjadi seorang inovator, sedangkan publikasi tidak boleh hanya disimpan di laci maupun di perpustakaan," tegas Nasir di sela-sela pelantikan.
 
Beberapa hal penting tersebut dikemukakan Menteri Nasir untuk mendorong Pemimpin perguruan tinggi dan Kepala LLDIKTI meningkatkan motivasinya sebagai pemimpin dari lembaganya masing-masing.
 
Delapan pejabat yang dilantik pada hari ini adalah:
 
1. Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng. dilantik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
 
2. Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dilantik sebagai Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Periode Tahun 2019-2023.
 
3. Prof. Dr. H. Garuda Wiko, S.H., M.Si. dilantik sebagai Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Periode Tahun 2019-2023.
 
4. Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. dilantik sebagai Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Periode Tahun 2019-2023.
 
5. Prof. Dr. Mukhamad Agus Burhan, M.Hum. dilantik sebagai Rektor Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Periode Tahun 2019-2023.
 
6. Dr. Ir. Akhsan Djalaluddin, M.S. dilantik sebagai Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Periode Tahun 2019-2023.
 
7. Rizal Syahyadi, S.T., M.Eng.Sc. dilantik sebagai Direktur Politeknik Negerl Lhokseumawe (PNL) Periode Tahun 2019-2023.
 
8. Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. dilantik sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta Periode Tahun 2019-2023.
 
Baca:Jamal Wiwoho Rektor Baru UNS

Sebagaimana disampaikan Nasir pada setiap pelantikan, bahwa jabatan adalah amanah yang akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadi bagi para pejabat yang dilantik pada hari ini, Jumat, 12 April 2019 adalah untuk mengemban tugas yang sangat mulia. Sekaligus berkontribusi dalam pembangunan SDM Indonesia di masa yang akan datang.
 
"Jabatan adalah amanah. Jabatan bukan satu-satunya hal. Oleh karena amanah, maka laksanakan amanah itu sebaik-baiknya untuk institusi yang Saudara pimpin semuanya," ungkap Nasir.
 
Iamemerintahkan kepada para pejabat baru tersebut untuk menjaga keselarasan dan keharmonisan internal perguruan tinggi dan lembaga yang dipimpinnya. Selain itu juga berfokus pada tata kelola yang dapat dipertanggungjawabkan di hadapan masyarakat.
 
Menteri Nasir juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang telah memajukan universitas, politeknik, dan LLDIKTI sebelumnya. Ia berharap para pengganti meneruskan program-progam yang sudah baik dan menemukan kreativitas yang inovatif untuk merancang program-program baru yang bermanfaat untuk nusa bangsa.
 
Bertindak sebagai saksi pada pelantikan adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ainun Na'im dan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati. Para Eselon 1 lainnya yang hadir adalah Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe, Staf Ahli Bidang Akademik Paulina Pannen, Staf Ahli Bidang Infrastruktur Hari Purwanto.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif