Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Supaya Nggak Salah Jurusan, Ini Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Luas

Pendidikan karier Perguruan Tinggi Mahasiswa jurusan kuliah
Renatha Swasty • 26 April 2022 15:30
Jakarta: Memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang luas bakal memudahkan saat terjun di dunia profesional. Apalagi, masih dalam masa pandemi di mana untuk mendapatkan pekerjaan persaingannya makin ketat.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) pada November 2021 menatat sebanyak 1,82 juta orang menjadi pengangguran akibat pandemi covid-19. Selain pandemi, faktor kurangnya keahlian di bidang tertentu juga menjadi alasan sulit mendapat pekerjaan. Oleh karena itu, pemilihan jurusan kuliah menjadi penting dipertimbangkan.
 
Nah, supaya  Sobat Medcom nggak salah pilih jurusan, berikut 10 jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas dan bisa dipertimbangkan dikutip dari Zenius:

1. Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas adalah Jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang mempelajari sistem informasi dalam bidang komputer, misalnya seperti pengembangan software dan sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, lulusan Jurusan Teknik Informatika memiliki cukup banyak peluang kerja karena bidang teknologi digital yang terus berkembang. Beberapa prospek kerja yang bisa digeluti lulusan Teknik Informatika adalah software engineer, web developer, dan backend/frontend developer.

2. Jurusan Administrasi Bisnis

Keahlian di bidang bisnis saat ini juga banyak dilirik perusahaan. Pernahkah Sobat Medcom mendengar istilah digital marketing? Nah, di jurusan inilah hal tersebut bisa dipelajari.
 
Di Jurusan Administrasi Bisnis, Sobat Medcom akan belajar seputar seluk-beluk perusahaan, alur bisnis, hingga regulasi. Sobat Medcom akan mempelajari seluk beluk bisnis digital karena saat ini bidang digital kian banyak diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat.
 
Umumnya, Jurusan Administrasi Bisnis berkarier sebagai business development, marketing specialist, hingga social media analyst.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas. Tentunya hal ini dikarenakan komunikasi menjadi jembatan untuk menjalin kerja sama dengan pihak internal dan eksternal suatu organisasi/perusahaan.
 
Keahlian di bidang komunikasi juga akan membantumu untuk lebih mudah membaca masyarakat. Oleh karena itu, seseorang dengan keahlian komunikasi cukup banyak dicari perusahaan. Beberapa prospek kerja yang terbuka untuk jurusan ini adalah public relation, content creator, broadcasting, hingga marketing.

4. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas selanjutnya adalah Jurusan Desain Komunikasi Visual. Jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang mempelajari keahlian di bidang desain, baik digital maupun non-digital.
 
Keahlian desain saat ini tengah banyak diminati perusahaan, terlebih keahlian desain untuk tampilan website atau aplikasi. Prospek kerja yang terbuka untuk lulusan ini di antaranya adalah graphic design, product design, hingga UI/UX.

5. Jurusan Ilmu Komputer

Kembali ke ranah teknologi, jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas selanjutnya adalah Jurusan Ilmu Komputer. Berkuliah di Jurusan Ilmu Komputer akan mengasah kemampuan dan pengetahuan dalam bidang jaringan komputer, artificial intelligent, algoritma komputasi, hingga sistem pemrograman.
 
Hal-hal yang dipelajari di Jurusan Ilmu komputer tersebut merupakan hal-hal yang dibutuhkan di industri karier saat ini, apalagi untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Sebagai lulusan jurusan ini, Sobat Medcom bisa berkarier sebagai teknisi jaringan, website developer, hingga system analyst.

6. Jurusan Kedokteran dan Kesehatan

Kebutuhan akan tenaga kesehatan memang penting dalam masyarakat. Oleh karena itu, keahlian di bidang kedokteran dan kesehatan akan selalu dibutuhkan. Apabila Sobat Medcom tertarik dengan bidang ini, bisa mempertimbangkan mengambil Jurusan Kedokteran atau jurusan kesehatan lainnya, seperti Jurusan Keperawatan dan Jurusan Kesehatan Masyarakat.

7. Jurusan Statistika

Dalam bidang teknologi dan informasi, data menjadi “bahan bakar” utama yang digunakan berbagai hal, mulai dari menganalisis konsumen hingga menyusun strategi untuk meningkatkan perusahaan. Nah, salah satu bidang yang mempelajari pengumpulan dan analisis data adalah Jurusan Statistika.
 
Dalam Jurusan Statistika ini, Sobat Medcom akan mengenal istilah big data, yaitu suatu kumpulan data dalam jumlah besar. Beberapa prospek kerja yang data analyst, business analyst, dan quality controller.

8. Jurusan Manajemen

Dalam alur kerja suatu organisasi atau perusahaan, tentunya perlu seseorang yang paham betul mengenai seluk beluk di dalamnya, mulai dari alur kerja hingga pengawasan orang-orang di dalamnya. Salah satu jurusan yang mempelajari hal tersebut adalah Jurusan Manajemen.
 
Di Jurusan Manajemen, Sobat Medcom akan mempelajari alur bisnis, pemasaran, hingga SDM. Oleh karena itu, prospek kerja lulusan ini cukup beragam. Sobat Medcom bisa berkarier sebagai manager di bidang tertentu, human resource development, hingga finance.

9. Jurusan Ilmu Ekonomi

Tak bisa dipungkiri, ilmu ekonomi kerap kali melingkupi keseharian kita. Dalam bidang pekerjaan, tenaga ahli di bidang ekonomi sangat dibutuhkan.
 
Beberapa hal yang dipelajari di jurusan ini tentunya berkaitan dengan ekonomi, seperti alur keuangan, kondisi keuangan negara, hingga instrumen keuangan. Nah, bila Sobat Medcom tertarik mengambil jurusan ini, prospek kerja yang terbuka di antaranya adalah finance, aktuaris, hingga perencana keuangan.

10. Jurusan Teknologi Informasi

Disamping Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi, jurusan kuliah di bidang teknologi yang memiliki prospek kerja luas lainnya adalah Jurusan Teknologi Informasi. Jurusan ini memang terbilang mirip dengan Jurusan Teknologi Informatika, namun sebenarnya keduanya berbeda.
 
Jurusan Teknologi Informasi lebih fokus mempelajari pengembangan produk teknologi informasi, seperti gadget dan teknologi informasi lainnya. Hal tersebut yang membuat jurusan ini memiliki cukup banyak prospek kerja, seperti system developer, system analyst, hingga social media developer.
 
Itu dia 10 jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas. Supaya langkah Sobat Medcom masuk ke jurusan-jurusan tersebut semakin lancar, tetap semangat untuk belajar ya.
 
Baca: Mahasiswa Wajib Merapat, Begini Kiat Mempersiapkan Diri untuk Karier Masa Depan
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif