Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: IG @nadiemmakarim
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: IG @nadiemmakarim

Nadiem Anjurkan Dana BOS Dipakai Dukung Persiapan PTM

Pendidikan Bantuan Pendidikan Program Pendidikan Dana Bos
Ilham Pratama Putra • 25 Februari 2021 19:21
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan jika dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat digunakan secara fleksibel. Salah satunya. untuk memberikan honor kepada guru honorer.
 
Namun, dia sangat berharap dana BOS dapat dimanfaatkan untuk mendorong proses kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Dana BOS bisa digunakan untuk persiapan penerapann protokol kesehatan di sekolah.
 
"Dana BOS bisa dan kami anjurkan digunakan mengakselerasi proses tatap muka untuk memenuhi segala kebutuhan protokol kesehatan," kata Nadiem dalam konferensi pers daring dengan tajuk Sosialisasi Kebijakan BOS dan DAK Fisik 2021, Kamis, 25 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Alokasi Anggaran Dana BOS 2021 Menurun Dibandingkan Tahun Lalu
 
Perlengkapan protokol kesehatan itu di antaranya kesediaan sanitasi, masker hingga thermogun. Alat-alat tersebut menjadi daftar periksa PTM nantinya.
 
"Dan tentunya karena asesmen nasioal akan dilaksanakan tahun ini. Pembiayaan apapun honor, transportasi, dan pelaksanaan AN itu juga bisa digunakan," lanjut Nadiem.
 
Fleksibilitas dana BOS ini, menurutnya, sangat efektif. Misalnya, di Papua, dapat mengatasi masalah trasportasi para guru dan siswa menuju sekolah.
 
"Jadi ini benar-benar merupakan suatu solusi dari pada kebutuhan masing-masing sekolah di daerah-daerah paling terluar, yang mungkin sangat variatif kebutuhan mereka yang paling urgen," tuturnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif