Ilustrasi Transjakarta. MI/Arya Manggala
Ilustrasi Transjakarta. MI/Arya Manggala

Kurangi Polusi, TransJakarta Segera Beroperasi di Kampus UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 11 Juli 2019 14:33
Jakarta: Universitas Indonesia (UI) menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan PT TransJakarta pada Selasa, 9 Juli 2019 lalu. Memorandum of Understanding (MoU) ini merupakan salah satu langkah UI dalam mengurangi dampak polusi udara di sekitar kampus.
 
Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, wilayah kampus UI cukup luas termasuk 1/3 wilayah hutan kota di dalamnya “Karena konsep lingkungan bersih itulah, UI mulai menggunakan transportasi ramah lingkungan tanpa bahan bakar fosil,” kata Anis dalam siaran pers, Jakarta, Kamis 11 Juli 2019.
 
Bersamaan dengan pengembangan UI Green Metric, sebagai salah satu indikator kampus hijau di Indonesia. Karena itulah upaya penggunaan transportasi publik untuk mahasiswa terus dicanangkan seperti gowes, bus kuning dan selanjutnya penambahan armada bus TransJakarta yang sudah ramah difabel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Kemarau Memperparah Polusi Udara Jakarta
 
Anis menjelaskan dalam beberapa waktu yang akan datang bus TransJakarta ini akan mulai beroperasi di dalam kampus UI. TransJakarta bisa dipakai oleh mahasiswa layaknya bus kuning yang telah beroperasi.
 
“Untuk itu diharapkan keberadaan bus TransJakarta ini nantinya dapat mengurangi polusi udara dan kapasitas bus yang berlebihan,” tutur Anis.
 
Sementara itu Direktur Utama PT. TransJakarta, Agung Wicaksono mengatakan, kerja sama ini merupakan realisasi dari program hijau untuk lingkungan yang bebas pencemaran. Terutama di wilayah kampus UI.
 
“Tentunya dengan kerja sama ini diharapkan dapat mengintegrasikan visi untuk menghijaukan lingkungan serta mengampanyekan gerakan kampus hijau,” pungkas Agung.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif