Kampus UI. Foto/Dok. UI.
Kampus UI. Foto/Dok. UI.

UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS Graduate Employability Rankings 2022

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Universitas Indonesia Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 25 September 2021 12:52
Depok:  Universitas Indonesia (UI) kembali mendapat pengakuan sebagai perguruan tinggi terbaik di Tanah air.  Kali ini berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).
 
Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia ini merilis QS Graduate Employability Rankings 2022 melalui laman https://www.topuniversities.com/university-rankings/employability-rankings/2022 yang menempatkan UI sebagai universitas terbaik di Indonesia.  Tidak hanya itu, UI juga menduduki kampus terbaik di peringkat ke-11 di Asia Tenggara dan berada pada kelompok peringkat 251-300 dunia.
 
Pencapaian ini juga menempatkan UI masuk dalam jajaran 60 persen universitas teratas QS Graduate Employability Rankings 2022.  Dalam menentukan pemeringkatan ini, QS Quacquarelli Symonds melihat dari data yang menampilkan 550 universitas yang terdiri dari 204 universitas di Eropa, 155 di Asia Pasifik, 108 di Amerika Serikat dan Kanada, 52 di Amerika Latin, dan 31 universitas di Timur Tengah dan Afrika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengumuman tersebut melansir hasil penelitian tahunan mereka tentang hubungan antara pilihan universitas dan hasil kerja para lulusannya. QS melakukan penilaian pemeringkatan berdasarkan lima indikator, yaitu: Employer Reputation (30 persen), Alumni Outcomes (25 persen), Partnerships with Employers per Faculty (25 persen), Employer - Student Connections (10 persen), dan Graduate Employment Rate (10 persen).
 
Pencapaian UI tersebut berkat skor tertinggi dalam penilaian salah satu indikator kinerja terbaik, yakni Employer Reputation dengan skor 48.9.  Menempatkan UI unggul di Indonesia dan berada di peringkat ke-137 dunia.
 
"Tak hanya itu, UI juga unggul di Indonesia pada indikator Alumni Outcomes yang menempatkan UI pada peringkat ke-228 di dunia." kata Rektor UI Ari Kuncoro, SE, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 25 September 2021.
 
Baca juga:  UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE World University Rankings 2022
 
Ari mengatakan, kerja keras UI sangat dibutuhkan karena sebagai World Class University, yang ada di depan mata saat ini adalah komunitas perguruan tinggi global. "Saya sangat berterima kasih kepada semua elemen di UI yang terus berkontribusi memberikan sumbangsih dan bergerak menuju UI yang lebih baik, sekalipun tantangan makin berat," ujar Ari.
 
Ben Sowter, Director of Research di QS mengatakan, edisi terbaru dari QS Graduate Employability Rankings menegaskan tren positif yang meningkat untuk UI.  Dalam QS World University Rankings edisi 2022 UI naik dari posisi 305 ke 290.
 
 
Halaman Selanjutnya
Tabel baru ini melihat UI…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif