SVP Research and Technology Center Pertamina, Dadi Sugiana, Medcom.id/Patricia Vicka.
SVP Research and Technology Center Pertamina, Dadi Sugiana, Medcom.id/Patricia Vicka.

Pertamina Kenalkan Software Penghitung Aliran Migas ke Kampus

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Patricia Vicka • 19 Juni 2019 21:12
Yogyakarta: PT Pertamina (Persero) memperkenalkan software penghitung aliran migas kepada 19 perguruan tinggi di Indonesia. Pengenalan software yang bernama PertafloSIM ini dilakukan dalam program PertafloSIM Goes To Campus di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.
 
SVP Research and Technology Center Pertamina, Dadi Sugiana mengatakan, PertafloSIM merupakan Software untuk menghitung aliran minyak dan gas (migas) dalam pipa sejak dari dasar sumur hingga ke permukaan dan titik serah atau titik jual (sales point).
 
“Hasil karya anak bangsa ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan bagi para akademisi dan mahasiswa, sehingga akan terus menghasilkan inovasi yang berkelanjutan, dalam pengembangan teknologi migas di Indonesia,” ujar Dadi, pada acara PertafloSIM Goes To Campus, di UGM Yogyakarta, Rabu, 19 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Polinema Buka Prodi Pertambangan Tahun Ini
 
PertafloSIM, lanjut Dadi, merupakan hasil inovasi para teknisi perminyakan Pertamina bersama dengan Research Consortium OPPINET Institut Teknologi Bandung (ITB). Teknologi ini telah melalui proses kaji dan rancang selama hampir 20 tahun.
 
Dadi melanjutkan, PertafloSIM akan memudahkan para akademisi dan mahasiswa yang tengah menggeluti teknologi migas di Indonesia. Terutama saat proses penelitian dan pengembangan kajiannya.
 
Ia yakin PertafloSIM dapat bersaing dengan software serupa yang dikembangkan di berbagai negara.
 
“PertafloSIM secara resmi telah diluncurkan pada April lalu, dan secara resmi juga telah diterapkan di sektor hulu Pertamina, menggantikan software produk luar negeri yang selama ini digunakan,” imbuh Dadi.
 
Selama acara berlangsung, perwakilan perguruan tinggi diberikan akses gratis menggunakan PertafloSIM. Selain mengenalkan software, Pertamina turut melakukan pendampingan pada perguruan tinggi, terkait pemanfaatan PertafloSIM untuk kegiatan pendidikan dan penelitian.
 
Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizar Ali menyambut baik pengenalan PertafloSIM pada perguruan tinggi. Ia berharap software ini dapat berdampak besar pada perkembangan keenergian di Indonesia.
 
"Kami turut senang dan bangga. Semoga ini betul-betul digarap serius. Sehingga nanti menghasilkan aplikasi dan produk yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia,"kata Nizar.
 
Adapun 19 perguruan tinggi yang hadir dalam acara PertafloSIM Goes To Campus di UGM adalah Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Riau, Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, Universitas Pertamina, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, STT Migas Balikpapan, Universitas Udayana, Universitas Hasanuddin dan Universitas Sam Ratulangi.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif