Menristekdikti Mohamad Nasir (kanan) Dok: humas
Menristekdikti Mohamad Nasir (kanan) Dok: humas

Kemenristekdikti Teken Tiga MoU dengan Chicago University

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 23 September 2019 00:40
Chicago: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meneken tiga nota kesepahaman (MoU) dengan Chicago University, Amerika Serikat. MoU dalam rangka memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Kesepakatan ini juga dilakukan dalam memperkaya pengetahuan dan riset dari para kandidat (calon) doktor muda Indonesia melalui program Garuda Academic of Excellence (Garuda ACE).
 
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan Program Garuda ACE ini adalah program capacity building selama selama dua tahun. Program ini diperuntukkan talenta-talenta muda Indonesia mulai dari dosen, peneliti, professional muda yang akan mendapatkan bimbingan langsung dari para profesor dan peneliti di Universitas Chicago.
 
“Sehingga diharapkan mereka dapat mendapatkan 'Letter of Acceptance (LoA)' dalam PhD program di UChicago atau di universitas terkemuka lainnya, karena pembibingan intensif sebelumnya,” kata Nasir di siaran pers yang diterima Medcom.id, Minggu 22 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kerjasama Kemenristekdikti dan Chicago University melingkupi tiga aspek. Pertama, program kolaborasi Pendidikan dengan perguruan tinggi di Indonesia. Kedua program riset, pembelajaran dan pengajaran. Ketiga, program di masa yang akan datang sesuai dengan minat bersama.
 
Pelaksanaan Garuda ACE di dua tahun pertama dimulai di bidang Ilmu Komputer (Computer Science), Bioinformatics, Computational Science dan Data Science. “Dan diharapkan akan berkembang ke ilmu Science, Technology, Engineering, Math (STEM),” ujar Nasir.
 
Mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini mengatakan peserta yang berhasil lolos mendapat kesempatan emas belajar di Chicago University. Mereka mendapatkan mentor langsung dari para pakar dan profesional di negeri Paman Sam itu.
 
“Untuk itu diharapkan dapat menyerap ilmu pengetahuan yang didapat dan menerapkannya di Indonesia kelak, dalam berbagai sektor pembangunan di Indonesia,” tutup Nasir.
 
Perlu diketahui, penandatangan MoU disaksikan oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir. Penandatanganan MoU antara Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im dan Robert J. Kimmer, President UChicago dilakukan.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif