Mendikbud, Nadiem Makarim.  Foto:  MI/Ramdani
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: MI/Ramdani

Sosok Nadiem Perlu Pelengkap di Kemendikbud

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf
Intan Yunelia • 29 Oktober 2019 14:17
Jakarta: Pengamat Pendidikan Universitas Paramadina, Mohammad Abduhzen mengatakan, ada dua masalah krusial di bidang pendidikan yang perlu diselesaikan Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim. Pertama, terkait integritas dan moral pendidikan, kedua produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM).
 
Menurut Abduhzen, dua masalah ini tidak cukup ditanggung oleh Nadiem seorang. Dibutuhkan sosok wakil yang bisa berbagi tugas dengan Nadiem menyelesaikan dua masalah di atas.
 
"Di sinilah menurut saya perlu ada pengimbang seharusnya terhadap keberadaan Nadiem sebagai Mendikbud," kata Abduhzen kepada Medcom.id, Selasa 29 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan latar belakang sebagai seorang praktisi bisnis, Nadiem mungkin memiliki cukup kompetensi meningkatkan produktivitas SDM. Namun, soal integritas dan moral pendidikan dibutuhkan satu sosok yang bisa membantu tugas mantan Bos Gojek itu.
 
"Ini terkait dengah skill dan lainnya saya kira wilayah Nadiem ini akan berada pada problem kedua," ujar Abduhzen.
 
Untuk masalah integritas moral pendidikan, dibutuhkan sosok yang berpengalaman sebagai praktisi pendidikan. Sehingga, peer besar di bidang pendidikan bisa terselesaikan dalam lima tahun ke depan.
 
"Ada hal-hal yang unik yang memerlukan cakrawala pemikiran dan pengalaman dalam menangani SDM terutama terkait aspek humanitas dan integritas tadi," tuturnya.
 
Presiden Joko Widodo menempatkan 12 wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Namun dari 12 nama itu, tak terselip pun posisi wakil menteri untuk sektor pendidikan yang dinilai paling besar urgensinya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif