Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di salah satu sekolah, MI/Panca Syurkani.
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di salah satu sekolah, MI/Panca Syurkani.

Tak Tentukan Kelulusan, Siswa Cenderung Tak Optimal Kerjakan UN

Pendidikan ujian nasional
Intan Yunelia • 08 Mei 2019 09:14
Jakarta: Durasi waktu siswa mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berimplikasi terhadap nilai yang mereka raih terhadap mata pelajaran yang diujikan. Siswa yang mengoptimalkan durasi jam mengerjakan soal, cenderung mendapatkan nilai tinggi.
 
“Ini sangat jelas. Semakin bijaksana menggunakan waktu, sampai the last minute itu semakin bagus nilainya,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno saat Konferensi Pers tentang Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 di Gedung A Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Hal ini diketahui dari rekaman aktivitas log file siswa peserta UNBK dalam mengerjakan soal per menitnya. Terekam siswa yang menyisakan waktu durasi pengerjaan soal hingga siswa yang menyelesaikan soal hingga batas waktu penyelesaian ujian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Nilai Rata-rata UN SMA dan SMK Naik Tipis
 
“Dilihat dari 2.200 sampel yang kita ambil, kecendrungannya ada saja siswa yang hanya menggunakan separuh jamnya. Kita berikan 120 menit, ini sampai ada anak yang menggunakan satu jam bahkan kurang. Masih tersisa waktu 60 menit lebih, sudah meninggalkan ruangan dan terbukti nilainya jelek. Kurang Resilience-nya, ini kurang tabah,” ujar Totok.
 
UN yang tak lagi menjadi syarat kelulusan, menjadi salah satu faktor siswa cenderung ingin cepat mengerjakan soal. Mereka lebih memilih mendapatkan nilai seadanya karena tidak berpengaruh pada kelulusan.
 
“Barangkali ada dampak UN tidak menentukan kelulusan lagi, kemudian membiarkan satu jam tidak digunakan,” tutur Totok
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif