Wakil Ketua Umum PPP Reni Marlinawati. MI/M Irfan.
Wakil Ketua Umum PPP Reni Marlinawati. MI/M Irfan.

Pemerintah Dinilai Memerhatikan Dunia Riset

Pendidikan Riset dan Penelitian
Kautsar Widya Prabowo • 30 Desember 2018 22:02
Jakarta: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengapresiasi kinerja pemerintah di sektor pendidikan. Pemerintah dinilai memerhatikan dunia riset.

Wakil Ketua Umum PPP Reni Marlinawati mengatakan pemerintah mengalokasikan dana riset abadi yang cukup besar. Ia berharap anggaran ini bisa meningkatkan geliat riset Indonesia.

"Dana abadi riset sebanyak Rp1 Triliun mulai tahun 2019," kata Reni di Jakarta, Minggu, 30 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Ia menilai riset dapat diintegrasikan dengan semangat penambangan sumber daya manusia (SDM) dalam negeri. Tak menutup kemungkinan, riset juga diintegrasikan dengan kebutuhan dalam negeri seperti penguatan ekonomi kreatif. "Politik anggaran dana riset ini sebagai langkah nyata penguatan SDM Indonesia sebagaimana komitmen Presiden Jokowi," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI  bidang pendidikan tersebut juga memerhatikan refleksi akhir tahun dalam Peraturan Presiden (Perpres) 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Krakter. Diharapkan pada 2019 implementasi di lapangan dapat dikuatkan.  

"Berharap pemerintah harus memodifikasi agar Pendidikan Moral Pancasila (PMP) tak menjadi mata pelajaran yang sifatnya komplementer, indoktrinasi, dan menjenuhkan bagi anak didik," pungkasnya.


(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi