Wapres Jusuf Kalla saat menyerahkan penghargaan atas Apresiasi Kesetiaan kepada 10 orang sineas Indonesia yang telah berkarya lebih dari 30 tahun, Kemendikbud/BKLM.
Wapres Jusuf Kalla saat menyerahkan penghargaan atas Apresiasi Kesetiaan kepada 10 orang sineas Indonesia yang telah berkarya lebih dari 30 tahun, Kemendikbud/BKLM.

Perkembangan Perfilman Indonesia Kian Menjanjikan

Pendidikan film indonesia
Intan Yunelia • 29 Maret 2019 17:57
Jakarta:  Kontribusi perfilman Indonesia dari tahun ke tahun semakin menjanjikan. Kondisi tersebut turut berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
"Produksi film juga meningkat, bukan hanya di Jakarta, tetapi di Makassar juga tumbuh industri film sesuai dengan kondisi lokal yang cukup menarik untuk ditonton," kata JK saat memberi sambutan di Perayaan Hari Film Nasional Tahun 2019 di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.
 
Mantan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebutkan, saat ini perfilman Indonesia sudah bangkit, ditandai jumlah penonton bioskop yang juga meningkat.  Jika sebelumnya pada 2016 jumlah penonton film Indonesia mencapai 37 juta per tahun, di 2017 jumlah penonton film Indonesia sudah melebihi 41 juta penonton. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu juga film-film yang mendapatkan penghargaan makin banyak, makin baik," ujar JK.
 
Memang film mempunyai fungsi hiburan. Selain itu memiliki fungsi pendidikan dan bisnis. JK berharap agar semakin banyak anak muda perfilman yang berkompeten dalam dunia perfilman. Sehingga dapat memproduksi film-film yang berkualitas.
 
Dengan meningkatnya  kontribusi perfilman, maka akan semakin memperlebar lapangan pekerjaan di Tanah Air.  Begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa Indonesia.
 
"Kalau film berkembang, maka banyak cabang-cabang industri yang berkembang. Baik industri filmnya, industri bioskop layar lebar, industri makanan, berbagai hal terpengaruh," tuturnya.
 
Baca:  Kemendikbud Restorasi Film Bintang Ketjil
 
Pada kesempatan yang sama, Wapres juga menyerahkan penghargaan atas Apresiasi Kesetiaan kepada 10 orang sineas Indonesia yang telah berkarya lebih dari 30 tahun di bidangnya masing-masing. Di antaranya Sudjoko Danoesobroto (Pengamat Film dan Pembina Festival Film Bandung), Ikranegara (Aktor), Aminah Cendrakasih (Artis), Heru Sudjarwo (Penata artistik), Soleh Ruslani (Director of Photography), Ambar Keoserno (Driver Produksi), Etty Sumiati (Dubber), Nana Awaludin, Ramli, dan Joes Terpase. 
 
Selain itu, diserahkan juga sertifikat kompetensi kepada para sineas Indonesia. Penyerahan sertifikat kompetensi secara simbolis diterima Cesa David Lukmansyah yang mewakili profesi editor dan Redzki mewakili profesi operator kamera. 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif