Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Rektor Respons Ospek Online Unesa yang Trending di Twitter

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru
Ilham Pratama Putra • 15 September 2020 12:19
Jakarta: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyesalkan ramainya peristiwa di dalam video Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unesa tahun 2020 yang trending di Twitter sejak kemarin. Dalam video ospek online itu, tampak mahasiswa senior membentak-bentak para mahasiswa baru.
 
Rektor Unesa, Nurhasan menyebut ada kesalahan dalam koordinasi pelaksanaan PKKMB pada salah satu fakultas di kampusnya. Pihaknya bakal melakukan pembimbingan kepada mahasiswa senior yang menjadi panitia ospek daring tersebut.
 
"Saat ini kami bersama pimpinan kemahasiswaan dari fakultas terkait telah memberikan evaluasi sekaligus bimbingan kepada mahasiswa yang bersangkutan," kata Nurhasan dalam pernyataan resmi Unesa yang diterima Medcom.id, Selasa, 15 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nurhasan menambahkan, seluruh permasalahan yang terjadi dalam PKKMB itu bakal diselesaikan secara kekeluargaan. Pihaknya menjamin PKKMB dilanjutkan tanpa aksi kekerasan dalam bentuk apapun.
 
"Sehingga diharapkan dapat tercipta lingkungan institusi pendidikan yang kondusif dan aman demi terciptanya lulusan yang berkualitas. Unesa mendukung pelaksanaan PKKMB guna menambah wawasan terkait dunia kampus untuk mahasiswa baru agar dapat beradaptasi," jelasnya.
 
Baca juga:Trending Twitter, Senior Bentak Mahasiswa Baru Unesa di Ospek Online
 
Nurhasan akan menjadikan kejadian tersebut sebagai catatan evaluasi. Dia berharap pelaksanaan PKKMB mendatang berjalan lebih baik lagi.
 
Tagar Unesa atau #unesa menempati peringkat pertama sebagai cuitan terpopuler di Twitter. Tagar tersebut diikuti foto maupun cuplikan video yang memperlihatkan suasana pengenalan kampus atau 'ospek daring' mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
 
Ramainya warganet membicarakan ospek Unesa itu bermula dari unggahan @Rafirizqu19 di Twitter. Dia mengunggah video berdurasi 30 detik dengan latar gambar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unesa tahun 2020 lengkap dengan logo Unesa.
 
Dalam unggahannya, akun @Rafirizqu19 menuliskan keterangan video "The real ospek online". Video ini diunggah pada Senin 14 September 2020 pukul 17.42 WIB.
 
Adapun senior yang membentak para mahasiswa baru itu diduga dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Terdapat beberapa senior yang membentak para mahasiswa baru secara bersamaan.
 
"Sabuk, ikat pinggangmu mana? Ikat pinggang diperlihatkan," ujar salah seorang senior laki-laki kepada mahasiswi baru.
 
Bentakan itu disambung oleh salah seorang senior perempuan. Senior perempuan tersebut juga tampak marah mempertanyakan mahasiswa baru yang tidak menggunakan ikat pinggang.
 
"Enggak ada?," bentak mahasiswi senior perempuan itu.
 
Warganet banyak beranggapan cara ospek yang dilakukan para mahasiswa senior dari Unesa itu sudah tidak relevan. Menurutnya ospek sudah tidak perlu dilakukan dengan cara membentak mahasiswa baru.
 
"This is literally disgusting. Sudah 2020, coba deh panitia ospek dan seluruh ketuanya bisa gak gausah bentak bentak kalau adek tingkat salah? Kasih aja hukuman tanpa perlu bentak," tulis akun @pinkissey.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif