Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar
Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar

SMAN 49 Jakarta Menunggu Juknis PPDB dari Disdik

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona PPDB
Ilham Pratama Putra • 28 Maret 2020 09:09
Jakarta: Sejumlah sekolah akan melakukan penyesuaian dalam mekanisme pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pascadibatalkannya Ujian Nasional akibat pandemi virus Korona. Salah satunya SMA Negeri 49 Jakarta, hingga kini masih menunggu petunjuk teknis (juknis) PPDB dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
 
Pihak sekolah hingga saat ini belum menetapkan mekanisme baru PPDB 2020, karena masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Masih menunggu informasi terkait terkait Ujian Sekolah dan PPDB,” kata Kepala Sekolah SMAN 49 Jakarta, Sofiah Rizki kepada Medcom.id, Sabtu, 28 Maret 2020.
 
Sementara itu Dinas Pendidikan Jakarta ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya masih menggodok juknis tersebut. Jika Juknis sudah rampung, maka Disdik akan segera menginformasikan ke sekolah-sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Masih dalam pembahasan, ditunggu saja,” jawab Humas Disdik DKI Jakarta, Sony Juhersoni kepada Medcom.id.
 
Baca juga:UN Dibatalkan, Bekasi Godok Juknis PPDB Baru
 
Sebelumnya diberitakan, Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran nomor 4 Tahun 2020. Di dalamnya berisi tentang mekanisme yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Sekolah. Selain harus mengikuti protokol kesehatan dijelaskan juga PPDB Jalur Prestasi.
 
Untuk PPDB Jalur Prestasi didasarkan pada akumulasi nilai rapor yang ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Juga bisa berdasarkan pada prestasi akademik dan nonakademik di luar rapor sekolah.
 
"Untuk PPDB bisa akumulasi dari nilai rapor siswa tersebut selama lima semester terakhir," kata Nadiem dalam video conference, di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Selain itu, Nadiem menyebut, prestasi nonakademik di luar maupun di dalam sekolah juga dapat menjadi pertimbangan. Mulai dari lomba hingga aktivitas siswa lainnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif