Kecanduan Gadget Menyandera Kecerdasan Siswa
Ilustrasi - Medcom.id
Jakarta: Penggunaan gadget bagi anak sebaiknya dihindari sedari dini. Sebab gadget dianggap lebih banyak membawa dampak negatif ketimbang positif terhadap perkembangan belajar siswa.

Pengamat pendidikan Heru Purnomo menjelaskan, gadget membuat fokus siswa dalam kegiatan belajar mengajar terpecah. Kecanduan, kecerdasan, dan karakter siswa akan sulit dibentuk karena sudah terpengaruh konten dari gadget.
 
"Apalagi jika konten negatif seperti kekerasan, maka akan berbahaya karena ditakutkan kekerasan tersebut akan diadopsi oleh siswa," kata Heru kepada Medcom.id, Jakarta.


Selain menyandera kecerdasan siswa, konten negatif gadget juga bisa mengganggu perkembangan psikologis siswa. Maka itu, orang tua harus waspada sejak dini.

Gadget acap dianggap musuh bagi dunia pendidikan. Segala kemudahan yang ditawarkannya kerap membuat anak didik terlena sehingga mereka cenderung malas untuk menggapai sesuatu.

Jika siswa diberi tugas mencari artikel, kebanyakan mereka hanya melakukan salin tempel tanpa membaca isi dan menganalisa lebih dalam. Alhasil siswa tersebut sering tidak memahami apa yang mereka dapat dari artikel di internet.

"Ini berkaitan dengan segala kemudahan yang diperoleh (dari gadget). Sehingga siswa hanya membaca judul artikel tanpa membaca isinya dengan seksama," tegas Heru.

Banyak di antara siswa yang malas karena kecanduan gadget. Sebab dengan mengakses gadget, informasi yang dibutuhkan akan tersedia tanpa mengeluarkan usaha yang keras.

"Hal ini menyebabkan siswa tidak terbiasa untuk berusaha, sehingga menjadi pribadi yang mudah menyerah," ungkap dia.

Namun gadget juga bisa jadi kawan kala dimanfaatkan secara bijak. Salah satunya, komunikasi antarsiswa bakal terjalin lebih erat lewat grup media sosial.

"Lewat WhatsApp dan lainnya, para siswa bisa saling bertukar informasi dan bisa tahu tugas sekolah yang harus dikerjakan," tutupnya.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id