Ketua Forum Pergutuan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) Masykuri Bakri. Tangkapan layar.
Ketua Forum Pergutuan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) Masykuri Bakri. Tangkapan layar.

Pemerintah Dipandang Wajib Subsidi Pulsa untuk PJJ

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Agustus 2020 21:32
Jakarta: Ketua Forum Pergutuan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) Masykuri Bakri menilai harus ada bantuan nyata dari pemerintah untuk kelancaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi virus korona (covid-19). Hal ini guna memastikan seluruh pelajar dan mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran daring.
 
"Dalam rangka untuk kelangsungan pendidikan anak bangsa untuk itu support pulsa, saya pikir menjadi keniscayaan," ungkap Masykuri dalam webinar PTNU se-Indonesia, Kamis, 6 Agustus 2020.
 
Menurut dia, sejumlah kampus telah berupaya meringankan beban para mahasiswanya. Universitas Islam Malang (Unisma), misalnya, menggelontorkan dana hngga Rp10 miliar untuk membantu mahasiswa kuliah daring selama pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di dua semester ini, Unisma dengan kurang lebih 15 ribu mahasiswa kami, sudah mengeluarkan Rp10 miliar," ucap Rektor Unisma itu.
 
Baca:Nadiem Janji Perjuangkan Bantuan Pulsa untuk PJJ
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berkomitmen memperjuangkan bantuan pulsa untuk PJJ. "Insyallah saya bisa memperjuangkan bantuan pulsa, bagi mahasiswa dan juga anak-anak yang sedang mengalami pembelajaran PJJ," terang Nadiem.
 
Nadiem mengakui anggaran di Kemendikbud terbatas. Sebab, sudah banyak dialokasikan untuk bantuan-bantuan penanggulangan covid-19. Contohnya, Rp1 triliun untuk bantuan uang kuliah di perguruan tinggi swasta, realokasi Rp405 miliar untuk penguatan kapasitas 13 Rumah Sakit Pendidikan (RSP) dan menggerakkan relawan dari mahasiswa.
 
Meski anggaran kementeriannya terbatas, Nadiem berjanji tetap berusaha agar pemerintah bisa memberikan bantuan pulsa untuk kelancaran PJJ. "Itu komitmen saya, saya akan berjuang, saya tidak bisa menjanjikan,tapi saya bisa menjanjikan itu menjadi perjuangan saya di pemerintah," ucap Nadiem.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif