Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto Bronto
Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto Bronto

SNMPTN/SBMPTN 2020

Antisipasi 'Server Down', Siswa Diminta Daftar di Awal Waktu

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 14 Februari 2020 15:47
Jakarta: Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah dibuka mulai Jumat, 14-27 Februari 2020. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meminta siswa segera mendaftar di awal waktu.
 
Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto mengimbau agar siswa jangan mengulur-ngulur waktu hingga di akhir masa pendaftaran. Karena memiliki risiko server down pada sistem online.
 
"Jadi ya sudah, kalau sudah siap mulai daftar sekarang. Jangan nanti di akhir, ribut, semua mau masuk, kemudian ada kemacetan server," kata Budi, kepada Medcom.id, Jumat 14 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, jika menunda pendaftaran hingga di batas akhir penutupan maka akan menyulitkan siswa. Siswa juga diimbau untuk mengisi data dengan benar.
 
"Kan ada dua pola, dilakukan bersama-sama di sekolah, maupun pribadi didampingi orang tua di rumah. Jadi pengisian harus data yang sebenar-benarnya," ungkap Budi.
 
Budi juga memperingatkan, jika ditemukan data yang tidak benar, siswa bakal didiskualifikasi. "Di terakhir kan kita selalu ada disclaimer, bahwa data yang diisikan harus benar. Jika nanti ditemukan tidak benar, harus siap untuk digugurkan," jelas dia.
 
Pihaknya menyebut pendaftaran bakal dibuka hingga 27 Februari 2020. Selama 14 hari laman pendaftaran akan aktif selama 24 jam.
 
"Dibuka pukul 14:00 WIB hari ini, sampai dengan 27 Februari 2020 pukul 23:59 WIB. Jadi 14 hari nonsetop 24 jam dan karena online, siswa bisa mendaftar kapan saja," kata Budi.
 
Setelah mengisi semua tahapan, siswa dapat memfinalisasi data mereka. Setelah tahap itu, data sudah tidak lagi bisa diubah, termasuk pilihan program studi dan perguruan tinggi yang dipilih.
 
"Pendaftaran ini diakhiri kalau sudah finalisasi. Kalau sudah final berarti sudah mencetak kartu tanda peserta SNMPTN 2020. Jadi sudah ada cetak kartu menerangkan siswa mendaftar di prodi dan perguruan tinggi mana," ujar dia.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif