Peserta UTBK berkebutuhan khusus. Foto: Antara/HO/Burhanuddin
Peserta UTBK berkebutuhan khusus. Foto: Antara/HO/Burhanuddin

Bobot Soal untuk Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Tak Dibedakan

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020 Kenormalan Baru
Antara • 07 Juli 2020 21:50
Makassar: Tiga peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) berkebutuhan khusus mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada hari ketiga di Universitas Negeri Makassar (UNM). Total ada empat peserta berkebutuhan khusus, namun satu orang tidak hadir.
 
"Untuk ujian tulis berbasis komputer ini ada tiga peserta ujian kita itu berkebutuhan Khusus. Harusnya empat orang, tapi yang datang ujian cuma tiga orang dan satunya tanpa kabar," ujar Rektor UNM Husain Syam di Makassar, Selasa, 7 Juli 2020.
 
Ia mengatakan, tak ada perbedaan atau perlakuan khusus terhadap para peserta ujian yang berkebutuhan khusus maupun umum. Jumlah dan bobot soal tetap sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk peserta yang tidak hadir pada hari ini sejauh ini belum ada informasi untuk mengikuti ujian di lain hari. Untuk peserta berkebutuhan khusus ini jumlah dan bobot soal sama dengan peserta yang normal," ujarnya.
 
Baca:Tiga Peserta UTBK di Undip Ajukan Realokasi Waktu Ujian
 
Husain menambahkan, dalam pelaksanaan ujan bagi yang berkebutuhan khusus ini didampingi oleh satu orang pendamping untuk satu peserta ujian. Meski soal sama, namun perangkat lunak yang digunakan dibuat khusus untuk mereka yang berkebutuhan khusus agar mudah digunakan.
 
"Perangkat lunak yang digunakan untuk ujian ini memang secara khusus dirancang untuk peserta berkebutuhan khusus. Jadi pelaksanaan ujiannya tidak akan terganggu," terangnya.
 
Dia mengatakan, untuk pendampingan ujian peserta berkebutuhan khusus ini langsung dari jurusan Pendidikan Luar Biasa yang ada di UNM.
 
Dalam pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini, jumlah peserta yang akan melakukan ujian di UNM sebanayak 13.468 orang.
 

(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif